Penjabat Wali Kota Sukabumi: Pengelolaan Arsip Sangat Penting dalam Mendukung Implementasi e-government

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-53 Kearsipan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Dispusipda) Kota Sukabumi mengadakan Sosialisasi Pengelolaan Arsip di Lingkungan Pemerintah Daerah Kota Sukabumi pada hari Selasa, 11 Juni 2024.

Acara yang bertempat di Rinjani Resto ini dihadiri oleh Penjabat Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji, Penjabat Ketua TP-PKK Kota Sukabumi, Diana Rahesti, dan 120 peserta dari berbagai instansi di lingkungan Pemerintah Daerah Kota Sukabumi.

Dalam laporannya, Kepala Dispusipda Kota Sukabumi, Galih Marlea Anggraeni, menyampaikan bahwa setiap tahun kearsipan di Kota Sukabumi selalu diaudit baik secara internal maupun eksternal.

Hasilnya, Kota Sukabumi mendapatkan peringkat A (nilai 84) dan tingkat ke-5 di Jawa Barat pada tahun lalu. Hal ini menunjukkan komitmen Pemkot Sukabumi dalam mengelola arsip dengan baik.

Lebih lanjut, Galih menjelaskan bahwa arsip merupakan aset penting bagi sebuah organisasi atau lembaga. Arsip yang dikelola dengan baik akan memudahkan penelusuran dokumen dan informasi.

"Oleh karena itu, kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman sumber daya manusia dalam pengelolaan arsip," ujarnya.

Sementara itu, Penjabat Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji, dalam sambutannya menyampaikan bahwa arsip merupakan hal yang sangat penting bagi organisasi dan lembaga. Arsip menjadi bukti otentik dari sebuah kegiatan dan dapat menjadi sumber informasi yang berharga.

Kusmana Hartadji memberikan arahan kepada para peserta sosialisasi untuk selalu tepat waktu dalam menyelesaikan pekerjaan dan disiplin dalam mengelola arsip. Selain itu, ditekankan juga pentingnya penguatan sistem kearsipan sebagai implementasi dari e-government.

" Arsip menjadi sangat krusial sebagai data pendukung saat dibutuhkan dalam berbagai pelaporan. Arsip ini juga menjadi hal penting dalam membangun peradaban bangsa. Oleh karena itu, arsip harus dapat diakses dengan mudah di mana saja," kata Kusmana Hartadji.

Ia berharap dengan digitalisasi arsip, pengelolaan arsip di Kota Sukabumi dapat semakin optimal dan arsip sejarah dapat tercatat dengan baik.

Kegiatan sosialisasi menjadi hal penting untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para peserta dalam mengelola arsip dengan baik, sehingga arsip di Kota Sukabumi dapat terjaga dan dimanfaatkan secara optimal untuk kepentingan organisasi, lembaga, dan masyarakat.

Pewarta          : Kang Warsa 
Dokumentasi  : Dede Soleh Saepul

DOKPIM KOTA SUKABUMI
Pranata Kehumasan
Ross Pristianasari
Dokumentasi Pimpinan
Dokumentasi Pimpinan Komunikasi dan Dokumentasi Pimpinan Pemerintah Kota Sukabumi merupakan bagian dari Sekretariat Daerah Kota Sukabumi.