Sejarah Singkat Dokumentasi Pimpinan Pemerintah Kota Sukabumi

Dokumentasi Pimpinan Pemerintah Kota Sukabumi (Setda Kota Sukabumi) merupakan sub-bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kota Sukabumi. Sebelum tahun 2021, Dokumentasi Pimpinan masih bernama Humas Setda Kota Sukabumi dan menjadi sub-bagian Hubungan Masyarakat dan Protokol Pemerintah Kota Sukabumi.

Pada awalnya, proses pendokumentasin pimpinan dilakukan secara manual dengan menggunakan kamera analog. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi, pendokumentasian pimpinan kini dilakukan secara digital dengan menggunakan kamera digital dan perangkat lunak editing.

Perkembangan Dokumentasi Pimpinan Pemerintah Kota Sukabumi

Di masa Pemerintah Kotamadya Sukabumi, tahun 1980-an, Dokumentasi Pimpinan, saat itu bernama Humas Kotamadya. Pendokumentasian Wali Kota Sukabumi dilakukan secara manual dengan menggunakan kamera analog. Dokumentasi ini dilakukan oleh fotografer yang ditugaskan oleh pemerintah kota. Fotografer tersebut bertugas untuk mengambil gambar kegiatan-kegiatan pimpinan pemerintah, seperti rapat, kunjungan kerja, dan acara-acara resmi lainnya.

Selanjutnya, Dokumentasi Pimpinan mulai menggunakan kamera video (VHS) dan perekam audio. Hal ini dilakukan untuk memudahkan proses dokumentasi dan penyimpanannya. Dokumentasi video ini digunakan untuk mendokumentasikan kegiatan-kegiatan pimpinan pemerintah, seperti upacara peringatan hari besar nasional, peresmian proyek, dan acara-acara lainnya.

Pada tahun 2000-an, proses dokumentasi pimpinan mulai menggunakan komputer. Hal ini dilakukan untuk memudahkan proses editing dan penyuntingan gambar dan video. Peranti komputer ini digunakan untuk mendokumentasikan kegiatan-kegiatan pimpinan pemerintah, seperti kegiatan sosialisasi program pemerintah, kegiatan pemberdayaan masyarakat, dan acara-acara lainnya.

Di akhir tahun 1990-an hingga tahun 2002, di masa kepemimpinan H. Udin Koswara kemudian dilanjutkan oleh Hj. Molly Mulyahati Djubaedi, Dokumentasi Pimpinan masih bernama Humas dan RSPD. Pada tahun 2023, berdasarkan Perda Nomor 8 tahun 2003 tentang Susunan Organisasi Tata Kerja dan Setwan dibentuk Kantor Infokom, PDE dan Arsip Daerah.



Pada tahun 2005, pendokumentasian kegiatan pimpinan mulai menggunakan kamera digital. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas gambar dan video yang dihasilkan. Dokumentasi digital ini digunakan untuk mendokumentasikan kegiatan-kegiatan pimpinan pemerintah, seperti kegiatan dialog dengan masyarakat, kegiatan kunjungan lapangan, dan acara-acara lainnya.

Dokumentasi Pimpinan kembali mengalami perubahan nama menjadi Kantor PDE, Arsip Daerah, dan Humas berdasarkan Perda Nomor 6 Tahun 2008 tentang Pembentukan dan Susunan Organisasi Perangkat Daerah. Kemudian, berdasarkan Perda Nomor 16 Tahun 2012 tentang Organisasi Perangkat Daerah berganti nama menjadi Kantor Kominfo dan Bagian Humas bergabung dengan Bagian Protokol Setda Kota Sukabumi. [1]

Pada tahun 2013, di masa kepemimpinan H.M Muraz [2] pendokumentasian kegiatan pimpinan mulai menggunakan perangkat lunak editing yang lebih canggih. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas editing gambar dan video yang dihasilkan. Dokumentasi digital ini digunakan untuk mendokumentasikan kegiatan-kegiatan pimpinan pemerintah, seperti kegiatan sosialisasi, dan acara-acara lainnya.



Pada masa ini juga, pendokumentasian kegiatan pimpinan mulai memanfaatkan situs web resmi dan media sosial sebagai sarana untuk menjangkau masyarakat yang lebih luas. Dokumentasi kegiatan pimpinan dapat dipublikasikan secara lebih cepat dan mudah diakses oleh masyarakat melalui media sosial.

Di masa kepemimpinan H. Achmad Fahmi [3] , proses pendokumentasian pimpinan berada di subbagian Humas sebagai entitas dari Bagian Umum dan Protokol Setda Kota Sukabumi. Di tahun 2021 sampai masa kepemimpinan Penjabat Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji [4] ,pendokumentasian pimpinan dilakukan oleh Subbagian Dokumentasi Pimpinan dan berada di Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kota Sukabumi.



Peran Dokumentasi Pimpinan Pemerintah Kota Sukabumi

Dokumentasi Pimpinan Pemerintah Kota Sukabumi memiliki peran penting dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat tentang kegiatan-kegiatan pimpinan pemerintah. Dokumentasi ini dapat digunakan untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pemerintah kepada masyarakat.

Selain itu, dokumentasi pimpinan juga dapat digunakan untuk mempromosikan kegiatan-kegiatan pemerintah kepada masyarakat. Hal ini dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan.

Secara lebih rinci, peran Dokumentasi Pimpinan Pemerintah Kota Sukabumi dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu:
  • Peran informatif: Dokumentasi pimpinan dapat digunakan untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat tentang kegiatan-kegiatan pimpinan pemerintah. Informasi ini dapat berupa kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan, kegiatan-kegiatan yang sedang berlangsung, dan kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan.
  • Peran promotif: Dokumentasi pimpinan dapat digunakan untuk mempromosikan kegiatan-kegiatan pemerintah kepada masyarakat. Promosi ini dilakukan dengan menampilkan kegiatan-kegiatan pemerintah yang bermanfaat bagi masyarakat.

Dokumentasi Pimpinan Pemerintah Kota Sukabumi merupakan bagian penting dari pemerintahan kota. Dokumentasi ini memiliki peran penting dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat dan mempromosikan kegiatan-kegiatan pemerintah.

Struktur Kelembagaan

Dokumentasi Pimpinan Pemerintah Kota Sukabumi dipimpin oleh Kepala Seksi atau Sub-bagian yang bekerja secara terstruktur di bawah Asisten Daerah Bidang Administrasi Umum dan Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kota Sukabumi.

Tugas, pokok, dan fungsi Dokumentasi Pimpinan Pemerintah Kota Sukabumi adalah sebagai berikut:
  • Memberikan masukan kepada pimpinan daerah terkait penyampaian informasi, menjalin hubungan dengan berbagai pihak terkait, menghimpun dan mengolah informasi yang bersifat penting, menyiapkan bahan agenda rapat, dan menyiapkan bahan materi sambutan.
  • Mendokumentasikan kegiatan-kegiatan pimpinan pemerintah, yaitu Wali Kota, Wakil Wali Kota, dan Sekretaris Daerah Kota Sukabumi.
  • Melakukan pengumpulan informasi yang bersumber dari media luar, koran, majalah, dan berita daring pemberitaan Pimpinan Pemerintah Kota Sukabumi.
  • Menyebarkan informasi tentang kegiatan-kegiatan pimpinan pemerintah melalui media digital dan media sosial.

Fasilitas dan Sumber Daya

Dokumentasi Pimpinan Pemerintah Kota Sukabumi menggunakan berbagai macam peralatan untuk mendukung tugasnya, yaitu:
  • Kamera digital (SLR)
  • Perangkat lunak editing
  • Komputer 
  • Audio-Recorder 
  • Laptop 
  • Printer 
  • Scanner
Secara umum, Dokumentasi Pimpinan Pemerintah Kota Sukabumi memiliki peran penting dalam meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pemerintah kepada masyarakat. Hal ini karena dokumentasi kegiatan pimpinan dapat memberikan informasi yang akurat dan terkini tentang kegiatan-kegiatan pemerintah.

Selain itu, Dokumentasi Pimpinan juga dapat digunakan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan. Hal ini karena dokumentasi kegiatan pimpinan dapat menunjukkan kepada masyarakat bahwa pemerintah sedang bekerja untuk kepentingan masyarakat.

Dokumentasi Pimpinan Pemerintah Kota Sukabumi juga telah digunakan untuk meningkatkan citra pemerintah di mata masyarakat. Dokumentasi yang berkualitas dapat menunjukkan kepada masyarakat bahwa pemerintah adalah lembaga yang profesional dan berintegritas.

Sumber daya manusia selama dua dekade (2000-2018) terdiri dari: Suwarsa, H. Oscar Lesnuna, H. Hamdan, Asep Zaenal Furqon, H. Dede Nurdin, Alvin, H. Cecep Mansyur, Deden Dendayasa (Pewarta), Endang Sumardi (Pewarta), Dikdik Firmansyarah (Fotografer dan Videografer), dan Hari (Fotografer).

Kemudian dari tahun 2018 sampai sekarang, sumber daya yang telah selesai dan masih bertugas di Dokumentasi Pimpinan terdiri dari: Benny Mustari, Punjul Saepul Hayat (2018-2020), Hendry Iman Hermansyah (2020-2021), Sony Hermanto (2021-2022), Suhendar Syarif (2022- sekarang), Ross Pristianasari (sampai sekarang), Agus Rustiawandi (Fotografer), Dede Soleh Saepul (Fotografer), Esti Puspasari (Admin), Fadhilah Syawal (Fotografer), M. Ali Iqbal (Videografer), Ihsan Zaenal Fadly (Videografer), Dila Novianti (Pewarta), Kang Warsa (Pewarta), Indah Okti (Admin), dan Putri Zauhara (Admin).

Di masa yang akan datang, Dokumentasi Pimpinan Pemerintah Kota Sukabumi diharapkan dapat terus berkembang dan menjadi lebih baik. Dokumentasi ini diharapkan dapat memberikan informasi yang lebih lengkap dan informatif kepada masyarakat.

Catatan: Artikel ini akan terus diperbaharui berdasarkan informasi dan data-data terbaru dari sumber otoritatif  


[1] Wawancara dengan Dikdik Firmansyah dan data dari Diskominfo pada 13 Januari 2024

[2] H.M Muraz Wali Kota Sukabumi (2013-2018) berpasangan dengan H. Achmad Fahmi sebagai Wakil Wali Kota Sukabumi (2013-2018)

[3] H. Achmad Fahmi Wali Kota Sukabumi (2018-2023) berpasangan dengan H. Andri Setiawan Hamami sebagai Wakil Wali Kota Sukabumi (2018-2023)

[4] Drs. Kusmana Hartadji, M.M resmi menjabat sebagai Pj. Wali Kota Sukabumi pada 20 September 2023

Kang Warsa
Kang Warsa Sering menulis hal yang berhubungan dengan budaya, Bahasa, dan kasukabumian.

Posting Komentar untuk "Sejarah Singkat Dokumentasi Pimpinan Pemerintah Kota Sukabumi"