Sukabumi Giatkan Bimtek Penatausahaan Keuangan untuk Kelola Dana Kelurahan



SUKABUMI - Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Sukabumi Dida Sembada membuka bimbingan teknis pengelolaan dan penatausahaan keuangan daerah dalam mempersiapkan penyaluran dana kelurahan di Hotel Horison, Rabu (17/7). Para peserta bimtek adalah Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) dan Bendahara Pengeluaran Pembantu (BPP) Kelurahan se-Kota Sukabumi.



‘’ Kegiatan ini terkait persiapan penyerapan dana kelurahan,’’ ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Sukabumi Dida Sembada. Di mana dalam bimtek disampaikan mekanisme laporan pertanggungjawaban bendahara dan penyampaiannya terkait dana kelurahan.

Dida menerangkan, ada perjalanan panjang mengenai dana kelurahan. Pemkot mendapatkan wacana ini sejak awal 2018 bahwa nanti 2019 untuk kota akan mendapatkan dana kelurahan. Setelah sebelumnya untuk seluru desa memperoleh dana desa.

Akhirnya ungkap Dida, wacana ini menjadi kenyataan. Pada 2019 seluruh kota akan mendapatkan dana kelurunan .

Hal ini lanjut Dida, diperkuat dengan lahirnya keputusan presiden (Kepres) dana kelurahan pada Nopember atau Desember 2018. Di mana Kota Sukabumi mendapatkan dana kelurahan Rp 11 miliar untuk 33 kelurahan dan per kelurahan mendapatkan Rp 352 juta. ‘’ Kota Sukabumi sudah masuk kriteria yang baik, kalau belum cukup baik nilainya bisa lebih besar,’’ cetus dia.

Dida menerangkan, pada pertengahan Mei dan Juni turun Permendagri dana kelurahan. Dalam aturan ini ada kejelasan bahwa peruntukkan tidak bisa digabung untuk sarana dan prasarana dan pemberdayaan masyarakat.

Saat ini lanjut Dida, anggaran dana keluarahan sekitar 50 persen sudah masuk kas daerah. Sisa dana kelurahan akan disalurkan menunggu hasil penyerapan 50 persen dana kelurahan yang sudah lebih dahulu dikucurkan.

Oleh karena itu kata Dida, pemkot menggiatkan bimbingan teknis dan workshop dalam persiapan penyerapan dana kelurahan. Selain itu disiapkan dana pendamping dalam APBD Perubahan 2019 unuk anggaran operasional kelurahan dan makan dan minum dan dana pendampingan

‘’ Deengan penguatan pendampingan dana keluarahan di Sukabumi harapannya berjalan lancar aman dan tidak bermasalah,’’ kata Dida. Sehingga penyerapan dana kelurahan sesuai dengan ketentuan.

Penulis:   Ovie
Tata Letak:   Kang Warsa

Posting Komentar untuk "Sukabumi Giatkan Bimtek Penatausahaan Keuangan untuk Kelola Dana Kelurahan"