Geliat Gerakan Normalisasi Sungai Upaya Pencegahan Bencana di Sukabumi



SUKABUMI--Gerakan membersihkan aliran sungai digencarkan di Kota Sukabumi. Hal ini misalnya dilakukan dalam Karya bakti normalisasi Sungai Cisuda dan Sungai Cisarai, yang digagas Kodim 0607 Kota Sukabumi bersama Pemkot Sukabumi dan komponen masyarakat serta instansi terkait lainnya di Kota Sukabumi, Jumat (17/1).

Wakil Wali Kota Sukabumi Andri Setiawan Hamami dan Dandim 0607 Kota Sukabumi Letkol Inf Danang Prasetyo Wibowo memimpin langsung gerakan bersih-bersih sungai. '' Karya bakti TNI ini untuk normaliasi sungai dan sangat positif sehingga pemkot memberikan apresiasi,'' ujar Wakil Wali Kota Sukabumi Andri Setiawan Hamami di sela memimpin langsung bebersih Sungai Cisuda di Kelurahan Subangjaya, Kecamatan Cikole.

Di mana yang tadinya banyak tumpukan sampah, kini menjadi bersih. Selain itu ajang bebersih sungai jadi sarana sosialisasi kepada masyarakat agar tidak lagi buang sampah ke sungai. Sebab dampaknya bisa dirasakan warga ketika datang air bah atau banjir.

Meskipun saat ini belum terjadi banjir namun langkah antisipasi perlu dilakukan. Apalagi kalau aliran sungai bersih menjadi enak dilihat dam menjadi daerah wisata.

Ke depan gerakan ini tidak hanya bakti TNI melainkan menjadi kewajiban semua warga. Andri mengatakan, ke depan pemkot juga akan mengkaji sanksi yang lebih berat kepada warga yang buang sampah organik dan anorganik serta tinja ke sungai. Targetnya timbul kesadaran warga untuk menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah ke sungai.



Dandim 0607 Kota Sukabumi Letkol Inf Danang Prasetyo Wibowo mengatakan, Kodim merasa bersyukur dan terimakasih karena banyak elemen hadir untuk ikut bekerjsama membersihkan sungai. Gerakan ini untuk mengantisipasi agar tidak terjadi bencana seperti beberapa waktu lalu di Lebak Banten mengalami longsor dan banjir.

Sehingga kodim dan pemda mengajak bekerjasama dalam membersihkan gerakan normalisasi sungai. '' Kita menjaga alam, maka alam menjaga kita karena kebersihan sebagian daripada iman,'' kata dia.

Posting Komentar untuk "Geliat Gerakan Normalisasi Sungai Upaya Pencegahan Bencana di Sukabumi"