Kukuhkan Creative Troops, Wali Kota Sukabumi Minta Tim Bergerak Aktivasi Ruang Kreasi di Wilayah


Reportase: Dila Novianti

SUKABUMI--Wali Kota Sukabumi mengukuhkan tim Creative Troops dalam momen Sukabumi Youth Creative Boothcamp (SYCB) di Gedung Korpri Kota Sukabumi, Ahad (11/9/2022).

Keberadaan tim Creative Troops ini dalam mendorong berkembangnya ekonomi kreatif di tujuh kecamatan. Selain Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi, hadir pula Sekda Kota Sukabumi Dida Sembada dan Ketua Komite Akselerasi dan Penataaan Potensi Ekonomi Kreatif Kota Sukabumi Rendy Irlian Kamase.

'' Kota Sukabumi keren, karena banyak potensi anak muda yang kreatif dan banyak anak Sukabumi yang berprestasi di ajang nasional,'' ujar Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi. Harapannya sebanyak 22 pemuda yang jadi tim Creative Troops ini menjadi duta kreatif di tujuh kecamatan. 

Diharapkan mereka mempunyai konsep dalam pengembangan ekonomi kreatif. Misalnya banyak ruang publik yang belun teraktivasi maksimal misalnya Taman Nobar bisa diaktivasi. 

Selain itu Taman Aspirasi, Taman Cikondang, Gedung Aher, dan 33 kelurahan sport center yang merupakan lapang terbuka yanh disiapkan untuk anak muda berkreasi. '' Saatnya anak muda Sukabumi hilangkan sekat yang menyebabkan batas ketika bekerja, jadi anak muda kreatif ciptakan peluang di keterbatasan yang ada,'' cetus dia. 

Targetnya kata Fahmi, tim kreatif ini menciptakan negative space menjadi positif space maka akan jadi potensi ekonomi. Nantinya ada dana stimulans dari yang bisa aktivasi negatif space jadi creative space misalnya ekonomi kreatif musik, seni pertunjukan, fashion, dan kuliner.

Ketua Komite Akselerasi dan Pengembangan Penataaan Potensi Ekonomi Kreatif Kota Sukabumi Rendy Irlian Kamase menambahkan, ada sebanyak 22 orang tim creatibe troops dari tujuh kecamatan.

Mereka sebelumnya menjalani dua tahap seleksi yakni admjnistrasi dan tahap FGD. Selanjutnya mereka menjalani inkubasi selama tiga hari. '' Nantinya mereka akan aktivasi ruang kreasi di tujuh kecamatan,'' kata Rendy.  
Intinya lanjut dia, creative troops perpanjangan Sukabumi Creative Hub dan pemkot yang membangun balai ekonomi warga. Nantinya mereka koordinasi dengan camat setempat untuk bersinergi. 

Posting Komentar untuk "Kukuhkan Creative Troops, Wali Kota Sukabumi Minta Tim Bergerak Aktivasi Ruang Kreasi di Wilayah"