Kawasan Cikundul, Wisata Pemandian Air Panas Memikat di Kota Sukabumi




SUKABUMI - Kawasan Cikundul, Kecamatan Lembursitu, Kota Sukabumi Jawa Barat menjadi salah satu lokasi favorit bagi warga untuk berwisata di momen libur lebaran. Tempat ini menawarkan pemandangan yang indah karena berada di pinggiran aliran Sungai Cimandiri.


Di kawasan Cikundul ini pula terdapat lokasi pemandian air panas yang sudah sejak dulu dikenal masyarakat. Di mana warga bisa menikmati pemandian air panas alami baik di kolam terbuka maupun di tempat khusus yang tertutup.


Kini pemandian air panas tersebut dikelola secara lebih baik dengan menyajikan sejumlah sarana pendukung. Misalnya terdapat saung atau gazebo yang bercirikan khas sunda yang menghadap langsung ke aliran sungai. Kawasan ini lebih menarik dan berwarna dengan adanya keterlibatan seniman yang menata pemandian dengan artistik seperti melukis bebatuan.


Pembenahan ini membuahkan hasil dengan meningkatnya kunjungan pada momen libur lebaran. ‘’ Pemandian air panas ini jadi lebih menarik,’’ ungkap salah seorang pengunjung asal Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi, Dian Rahma (36 tahun). Ia mengaku lebih memilih ke Cikundul untuk berwisata karena lokasinya dekat dari pusat Kota Sukabumi.


Menurut Dian, ia khawatir bila berlibur ke luar Sukabumi akan mengalami kemacetan. Terlebih di kawasan Cikundul ini pemandangan alamnya cukup indah dan menarik tidak kalah bila dibandingkan dengan obyek wisata lainnya. 


Kepala Bidang Pariwisata Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Dispora) Kota Sukabumi Yudi Yustiawan mengatakan, kawasan Cikundul ini menjadi salah satu obyek wisata unggulan di Kota Sukabumi. Kawasan Cikundul masuk dalam kawasan strategis destinasi pariwisata (KSDP) Sukabumi. 


Khususnya masuk dalam KSDP Zona 3 yang meliputi kawasan agroeduwisata Cikundul dan pemandian air panas Cikundul. Di mana tema yang menjadi unggulan di kawasan ini yakni wisata alam. Sementara sasaranya yaitu produksi edukasi, konservasi, dan wisata alam yang berbasis pertanian serta wisata alam yang berbasis sumber daya alam air panas.


Lurah Cikundul Kecamatan Lembursitu Agus Heryanto mengatakan, dari pantauannya pada hari ketiga setelah lebaran jumlah pengunjung ke kawasan pemandian air panas Cikundul meningkat. ‘’ Pengunjung sangat padat yang datang tidak hanya dari Sukabumi melainkan dari luar juga banyak,’’ imbuh dia.

Posting Komentar untuk "Kawasan Cikundul, Wisata Pemandian Air Panas Memikat di Kota Sukabumi"