27 Januari 2021



SUKABUMI--Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi menghadiri pembukaan kegiatan penerimaan studi lapangan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) Mahkamah Agung (MA) Republik Indonesia secara virtual di Balai Kota Sukabumi, Rabu (27/1). Dalam momen ini Pemerintah Kota Sukabumi dijadikan percontohan oleh Mahkamah Agung karena mendapatkan prestasi dan penghargaan dari pemerintah pusat pada 2020.

Pada kegiatan tersebut hadir secara virtual Kepala Pusdiklat Manajemen dan Kepemimpinan MA RI Edward TH Simarmata dan Sekda Kota Sukabumi Dida Sembada serta Kepala BKPSDM Kota Sukabumi Asep Suhendrawan. '' Kami berterimakasih karena Kota Sukabumi jadi pilihan peserta PKP Mahkamah Agung angkatan ke -25 sebagai locus dalam pembelajaran lapangan,'' ujar Wali Kota Sukabumi Achnad Fahmi.

Di pembukaan acara, wali kota menyampaikan sejarah singkat Kota Sukabumi dan visi misi Pemerintah Kota Sukabumi. Selain itu dipaparkan program unggulan yang diakui tingkat nasional seperti bidang keagamaan Gerakan Subuh berjamaah sebagai silaturahmi warga dan Magrib mengaji.  

Selain itu Rumah singgah di Bandung yakni menyiapkan rumah dan sarana medis sebagai layanan kesehatan bagi warga yang dirujuk. Program lainnya Ambulans sigap layanan 24 jam dan Homecare yakni menempatkan salah satu orang perawat di satu kelurahan. 

Klinik sore yakni membuka layanan puskemas unggulan di wilayah kepadatan cukup tinggi buka layanan hingga pukul 19.00 WIB. Dalam bidang Pendidikan literasi Kota Sukabumi di bidang pendidikan yakni program Cendol ( Cerita dan dongeng online) sebagai bentuk dan tanggungjawab dalam pendidikan jarak jauh. 

Berikutnya, Sukabumi Kece yakni kelurahan entrepreneurship center (Kece), Sukabumi creative hub (SCH) sebuah lembaga menampung anak kreatif, dan aplikasi Super, program aduan berbasiskan teknologi yang menampung saran dan aduan warga. '' Intinya setiap dinas harus memiliki inovasi dan awal tahun dinas harus miliki inovasi untuk kembangkan potensi yang dimiliki semakin kreatif memberikan pelayanan,'' imbuh Fahmi. 

Dalam studi lapangan ini misalnya disampaikan inovasi di Dinas Kesehatan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, perizinan, dan inovasi kotak layanam mandiri di Kecamatan Gunungpuyuh.

Kepala Pusdiklat Manajemen dan Kepemimpinan MA RI Edward TH Simarmata mengatakan, pihaknya menetapkan Kota Sukabumi sebagai lokasi studi lapangan PKP 2021. '' Hal ini karena Kota Sukabumi meraih prestasi sebagai kota terkreatif di Indonesia dan peduli pada pendidikan,'' kata dia.

0 Tanggapan

Silakan kirim saran dan komentar anda