14 Juni 2021


SUKABUMI--Program pelatihan kerja dan produktivitas tenaga kerja yang digelar Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Sukabumi, Senin (14/6).

Pelatihan tersebut untuk menciptakan tenaga kerja berbasiskan keterampilan yang siap mandiri di masa pandemi. Momen tersebut dihadiri Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Sukabumi Sufiani Dida Sembada dan Kepala Disnaker Kota Sukabumi Didin Sarifudin.

'' Hampir 1,5 tahun pandemi berlangsung tidak hanya berdampak pada kesehatan tapi ekonomi dan kenaikan pengangguran,'' ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi. Sehingga perlu dilakukan pemulihan ekonomi, salah satu caranya bagaimana menciptakan tenaga kerja berbasiskan keterampilan menadi penting.

Fahmi menekankan, pola perekrutan tenaga kerja yang telah dididik dan dilatih sangat penting misalnya keterampilan menjahit, tata boga, dan budidaya ikan. Kegiatan ini juga mampu memotivasi dan melatih skill para pemuda sehingga setelah pelatihan dapat membuka unit usaha sendiri berbasiskan keterampilan. 

'' Tiga keterampilan yakni menjahit, tata boga, dan budidaya ikan bisa dimaksimalkan,'' ungkap Fahmi. Ddmengan harapan memacu ekonomi untuk bergerak dan melangkah secara bertahap meningkatkan produktivitas ekonomi.

Kepala Disnaker Kota Sukabumj Didin Sarifudin menambahkan, pelatihan ini digelar untuk membantu pencari kerja memperoleh pekerjaan dan mengurangi pengangguran. Peserta adalah usia produktif dan belum mempunyai pekerjaaan sebanyak 120 orang yakni tata boga 55 orang menjahit 35 orang, dan budidaya ikan 30 orang.

0 Tanggapan

Silakan kirim saran dan komentar anda