13 Desember 2021



Wakil Wali Kota Sukabumi Andri Setiawan Hamami menghadiri peresmian Museum Pegadaian yang berada di Jalan Pelabuhan II Nomor 119 Kota Sukabumi, Senin (13/12) sore. 


Dalam kegiatan tersebut hadir Komisaris Utama PT Pegadaian Loto Srinaita Ginting, dan Direktur Utama PT Pegadaian Kuswiyoto. '' Peresmian Museum Pegadaian ini merupakan kegiatan yang sangat luar biasa dan patut diapresiasi sekali terkait adanya Museum bersejarah,'' kata Wakil Wali Kota Sukabumi, Andri Setiawan Hamami.


Pemda Kota Sukabumi mengucapkan selamat atas peresmian Museum Pegadaian ini. Andri mengatakan, Museum Pegadaian ini merupakan Museum bersejarah di Kota Sukabumi dan harus dijaga dan dilestarikan karena menjadi kebanggaan bagi Kota Sukabumi.


Direktur Utama PT Pegadaian Kuswiyoto mengatakan, museum ini menempati rumah paling bersejarah dalam sejarah aktivitas pegadaia di Indonesia. Sebab museum tersebut adalah lokasi kantor Pegadaian pertama di Indonesia yang berdiri sejak tahun 1901 lalu.


Pada waktu dulu lanjut Kuswiyoto, Museum ini adalah tempat tinggal bagi pimpinan cabang Pegadaian. Pegadaian sendiri telah berdiri sudah 121 tahun di Indonesia dan berdiri masih jaman Belanda.


Diresmikan sejak April 2010 lanjut Kuswiyoto, museum ini jadi museum satu-satunya di Indonesia yang menyimpan catatan sejarah aktivitas gadai di Indonesia. Museum ini bisa menjadi Ikon Baru bagi Kota Sukabumi oleh karena itu mari dijaga dan dilestarikan budaya serta peninggalan bersejarah Museum Pegadaian ini semoga bermanfaat bagi semua.

0 Tanggapan

Silakan kirim saran dan komentar anda