Ngabuburit Bareng Relawan TIK, Wali Kota Sukabumi Bicara Soal Literasi Digital


SUKABUMI--Kegiatan Obral Ramadan (Obrolan Literasi Digital Bulan Ramadan) Relawan Teknologi, Informasi dan Komunikasi (TIK) Kota Sukabumi digelar di Rumah Mesra Creative Playground, Sabtu (8/4/2023). 

Momen ini dalam rangka menyiapkan diri dalam menghadapi perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat. '' Ada hikmah di balik pandemi yakni mempercepat akses digitalisasi di tengah masyarakat,'' ujar Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi.

Di mana, semua harus beradaptasi dengan teknologi karena tidak ada yang bisa menolaknya. Dengan terjadinya percepatan teknologi yang awalnya belajar, bekerja dan belanja tatap muka berubah pola menjadi online atau daring.

Misalnya yang awalnya Manual based learning menjadi online based learning dan Kopi darat menjadi online. Intinya terjadi tranformasi ke digital dan dunia fisik dan maya hampir menyatu sulit dipisahkan. Di sisi lain kata Fahmi, perlu diperhatikan pula terkait Cyber crime atau berita hoaks di medsos. Sehingga diperlukan literasi media sosial seperti gerakan tabayun digital, critical thingking, perbanyak konten positif, membiasakan saring sebelum sharing.

Selain itu lanjut Fahmi, prinsip media sosial harus diutamakan yakni cerdas, kreatif dan produktif. Terakhir ada upaya untuk menjaga data pribadi.