Kesbangpol Gelar FPD, Penjabat Wali Kota Tekankan Kondusifitas dan Kolaborasi



Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Sukabumi menyelenggarakan Forum Perangkat Daerah (FPD) pada Selasa, 27 Februari 2024 di Aula Bakesbangpol. Acara ini dihadiri oleh perwakilan unsur Forkopimda, SKPD, dan Forum Kemasyarakatan.

Penjabat Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji, dalam arahannya menekankan pentingnya Kondusifitas dan kolaborasi dalam menjaga stabilitas Kota Sukabumi.

Tugas dan Fungsi Kesbangpol

Pj. Wali Kota menjelaskan tugas pokok Kesbangpol dalam menjaga keutuhan dan kesatuan bangsa, memelihara ketentraman dan ketertiban masyarakat, serta memberikan perlindungan terhadap masyarakat.

Kesbangpol juga memiliki fungsi intelijen, deteksi dini, cegah dini, dan penanggulangan konflik sosial. 

Kondusifitas Kota Sukabumi

Peran Badan Kesbangpol disebutkan oleh Kang Tutus sangat besar, terutama dalam memberikan informasi peristiwa dan kejadian sosial kepada Pemerintah Kota Sukabumi.

Pj. Wali Kota menegaskan bahwa Kota Sukabumi harus kondusif. " Bakesbangpol sebagai garda terdepan dalam menjaga kondusivitas. Anggaran untuk kegiatan Forkopimda juga dipindahkan ke program Kesbangpol," terangnya.

Kusmana Hartadji juga mengapresiasi seluruh pihak atas penyelenggaraan Pemilu yang kondusif. "Meskipun berbeda pilihan, kita semua memiliki tujuan yang sama untuk membangun bangsa dan negara," ujarnya. 

Pentingnya Kolaborasi

Pj. Wali Kota menekankan pentingnya kolaborasi dalam menghadapi permasalahan pembangunan yang semakin kompleks. "Kita harus sepakat tentang skala prioritas dan menjadikan FPD sebagai media komunikasi untuk menyelaraskan setiap usulan," tuturnya.

Pj. Wali Kota juga mengarahkan kegiatan Kesbangpol untuk fokus pada masalah-masalah sosial dan politik. "Fokuslah pada pencegahan konflik, radikalisme, dan intoleransi," imbuhnya.

FPD Kesbangpol Kota Sukabumi diharapkan dapat menghasilkan rumusan program dan kegiatan yang konkret untuk menjaga kondusivitas dan stabilitas Kota Sukabumi.

Kolaborasi antara seluruh pihak, termasuk Forkopimda, SKPD, dan Forum Kemasyarakatan, sangatlah penting dalam mewujudkan tujuan tersebut.

Pewarta          : Kang Warsa
Dokumentasi : Agus Rustiawandi 

DOKPIM KOTA SUKABUMI
Pranata Kehumasan
Ross Pristianasari
Dokumentasi Pimpinan
Dokumentasi Pimpinan Komunikasi dan Dokumentasi Pimpinan Pemerintah Kota Sukabumi merupakan bagian dari Sekretariat Daerah Kota Sukabumi.