Syifa Aulia, Siswi SLB Kota Sukabumi Raih Prestasi



SUKABUMI - Keterbatasan fisik bukan menjadi hambatan bagi siswa tunanetra untuk berprestasi. Meski berkebutuhan khusus, siswa Sekolah Luar Biasa (SLB) Budi Nurani Kota Sukabumi, Syifa Aulia (9 tahun) yang meraih prestasi membanggakan.

Syifa meraih juara satu dalam ajang lomba baca puisi tingkat nasional yakni Festival dan Lomba Literasi untuk Anak Berkebutuhan Khusus yang digelar di Kota Tangerang Selatan pada akhir Juli 2019 lalu. Pada momen tersebut Syifa mengalahkan 11 finalis lainnya dari berbagai daerah se-Indonesia.

‘’ Alhamdulillah, saya juara 1 tingkat nasional lomba puisi,’’ ujar Syifa Aulia ditemui di Balai Kota Sukabumi, Kamis (1/8). Dalam lomba tersebut Syifa membawakan puisi berjudul Karena Merah Warna Darahku dan Ibu karya Yusuf Gigan.

Syifa menerangkan, di babak final ia mengalahkan 11 orang peserta yang berasal dari berbaga daerah seperti Sumatera Barat dan Jawa Timur. Prestasi yang diraihnya ini diperoleh dengan kerja keras dan latihan yang dilakukan di sekolah dan bimbingan sastrawan Yusuf Gigan.

Dari membaca puisi ungkap Syifa, ia merasakan bagaimana penghayatan dan bersyukur bisa juara nasional. ‘’ Saya ingin membawa nama SLB harum dan bercita-cita menjadi menjadi sastrawan puisi,’’ imbuh dia.

Kepala SLB A Budi Nurani Kota Sukabumi Tanti R Kanti mengatakan, sekolah merasa bangga dengan prestasi yang diperoleh Syifa. ‘’ Prestasinya terus meningkat, sebelumnya juara satu lomba puisi tingkat Jawa Barat dan juara harapan satu tingkat nasional pada 2018,’’ kata dia.

Tanti menerangkan, Syifa mengikuti lomba puisi anak berkebutuhan khusus seperti tunanetra, tunadaksa, dan tunagrahita di Tanggerang Selatan. Pada ajang itu peserta yang hadir berasal dari 37 provinsi dan 12 finalis di babak final.

Sosok Syifa kata Tanti merupaan anak multitalenta karena memiliki potensi yang bagus dan dibina serta dilatih akhirnya makin berprestas. Syifa tidak hanya pandai puisi melainkan pandai tilawah, dan menyanyi .

Pada 2018 lalu, Syifa menjadi juara ketiga lomba menyanyi tingkat Provinsi Jabar dan juara harapan I lomba puisi tingkat SDLB tingkat nasional. Selain itu juara urutan lima dalam lomba bercerita dengana anak normal di Kota Sukabumi.

‘’ Ke depan, Syifa akan membuat puisi yang dibukukan dan akan disalurkan ke sekolah-sekolah,’’ ungkap Tanti. Hal ini sebagai motivasi dan inspirasi kepada anak normal karena anak berkebutuhan khusus memiliki potensi yang patut dibanggakan dan mudah-mudahan menjdi sastarawan penulis dan pendakwah yang pandai puisi dan menyanyi.


Posting Komentar untuk "Syifa Aulia, Siswi SLB Kota Sukabumi Raih Prestasi"