Sukabumi Menggiatkan Aksi Cabut Paku di Pohon



SUKABUMI--Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi ikut ambil bagian dalam aksi pencabutan paku di pohon dan clean action Anniversary Sahabat Lingkungan (SALING) di Jalan Ir H Juanda Kota Sukabumi, Sabtu (30/11). Kegiatan dalam rangka memperingati Hari Menanam Pohon Nasional yang diperingati setiap 28 November ini diikuti aktivis dan mahasiswa peduli lingkungan. Sebelum menggelar aksi, wali kota Sukabumi melepas para peserta dari Balai Kota Sukabumi.

'' Semangat aksi ini sebagai komitmen menjaga bumi dan lingkungan karena bukan hanya isu lokal tapi isu internasional bahkan isu agama,'' ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi. Dalam Alquran disebutkan, kerusakan alam atau lingkungan karena ulah manusia.

Sehingga harus ada insan peduli lingkungan maka lahirlah SALING yang menggagas aksi pencabutan paku di pohon. Harapanya ungkap Fahmi, acara ini bukan hanya seremonial semata melainkan terus digiatkan dengan melibatkan masyarakat sekitar. Sehingga semua elemen warga terlibat aktif dalam hal isu lingkungan.

Menurut Fahmi, setiap daerah kabupaten/kota harus memiliki sekitar 30 persen ruang terbuka hijau (RTH). Di mana 20 persen dibangun pemerintah dan 10 persen oleh privat atau pribadi. Namun di Kota Sukabumi baru sekitar 12 persen RTH. '' Oleh karena itu apa yang harus dilakukan yakni menjaga pohon yang ada dan tumbuh,'' imbuh wali kota.

Aksi cabut paku atau kawatnya yang dilakukan, menjadi stimulans bagi warga kota untuk terus peduli lingkungan dengan bergerak ke sejumlah titik. Sebab paku yanh ditancapkan di pohon akan menyakiti atau membunuh usia pohon dan harapanya aksi ini mendorong agar pohon tetap tumbuh.

Di sisi lain Sukabumi mengalami masalaj sampah dengan produksi sampah 171 ton perhari. Dampaknya TPA Cikundul hanya mampu bertahan sampai Desember 2019. Salah satu cara mengatasi masalah ini dengan mengurangi sampah plastik yang mencapai sekitar 60 persen dari total produksi sampah. Sehingga wali kota meminta kalau berbelanja ke minimarket warga diminta membawa kantong sendiri. 

Posting Komentar untuk "Sukabumi Menggiatkan Aksi Cabut Paku di Pohon"