24 Mei 2022


SUKABUMI--Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi melakukan silaturahmi dan audiensi dengan calon Paskibraka di Balai Kota Sukabumi, Selasa (24/5/2022). 

Dalam pertemuan tersebut wali kota berpesan calon paskibraka dapat mempersiapkan diri dalam melaksanakan tugas pengibaran bendera pada 17 Agustus nanti dan menjadi duta terbaik bagi pelajar lain. Hadir mendampingi dalam momen itu Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Tejo Condro Purnomo.

'' Pada 2020 masa pandemi dan mengalami pengalaman luar biasa upacara 17 Agustus dengan terbatas,'' ujar Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi di depan sebanyak 32 calon paskibraka. Selanjutnya pada 2021 kegiatan kenegaraan upacara 17 Agustus masih terbatas sifatnya hanya sembilan paskibraka.

Setelah dua tahun pandemi lanjut Fahmi, sejak 2022 pandemi mulai melandai bukan hanya kota tetapi nasional. Meskipun pemerintah belum mengumumkan pandemi ke endemi.

Dengan melandainya Covid-19 membuat beraktivitas seperti sediakala termasuk 17 Agustus mendatang. Di mana tim paskibraka yang dipersiapkan tim lengkap meskipun harus tetap mempersiapkan kondisi pada hari pelaksanaan dan doakan semoga pada 17 Agustus keadaan terkendali masih melandai sesuai rencana.

Proses perekrutan Capaska dilakukan berjenjang mulai sekolah hingga tingkat kota, sehingga banyak energi yang dikeluarkan dalam tahapan itu. Di mana dari jumlah pelajar di Kota Sukabumi 200 ribu yang terpilih hanya 32 orang calon paskibraka.

'' Berharap yang sudah dijalani jadi pembelajaran terbaik karena tidak semua pelajar mendapatkan kesempatan sehingga maksimalkan selama proses pembinaan,'' ungkap Fahmi. Capaska juga jadi duta pelajar bagi pelajar lainnya karena mereka dilatih kedisiplinan, bela negara, ilmu terkait capaska dan pastikan menerapkan pasca melaksanakan tugas.

Diharapkan kata Fahmi, setelah menjalani tugas tetap jadi teladan dan kebanggaan dalam proses pembangunan kepemudaan. Setelah menjalani tugas paskibrakan akan masuk organisasi purna paskibraka Indonesia dan membuat jejaring yang baik, sebab kesuksesan dari membangun jejaring yang ada dan memberikan kebermanfaatan kepada orang lain.

Kepala Disporapar Kota Sukabumi Tejo Condro Nugroho mengatakan, rekrutmen calon paskibraka ini diaai dengan sosialisasi ke SMA dan SMK. Awalnya ada 350 orang menjadi 80 orang dan kini dikerucutkan menjadi 32 capaska ada ada dua orang terpilih menjadi capaska provinsi.

Rencananya calon paskibraka akan menjalani pradiklat hingga 7 Agustus 2022. Selanjutnya pemusatan pada 8 Agustus 2022 dan melaksanakan tugas pada 17 Agustus 2022.

0 Tanggapan

Silakan kirim saran dan komentar anda