27 Mei 2022


LAMPUNG--Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi menghadiri acara pembukaan expo dalam rangka peringatan Hari ulang tahun (HUT) ke 22 Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) di Kota Bandar Lampung, Jumat (27/5/2022).

Pada momen tersebut hadir Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo, Ketua Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) Bima Arya, dan Wali kota Bandar Lampung Eva Dwiana selaku tuan rumah.

'' Data panitia ada 74 pemerintah kota hadir dan 58 diantaranya wali kotanya hadir langsung ini luar biasa,'' ujar Ketua Apeksi Bima Arya dalam sambutannya. Di mana 58 wali kota dan rombongan menyebabkan hotel penuh dan UMKM di Lampung menjadi incaran.

Sehingga peredaran uang di Bandar Lampung meningkat dengan adanya Apeksi. Hal ini menunjukkan ASN adalah motor utama pemulihan ekonomi.

Jika ASN didorong mewajibkan panggung utama UMKM maka pertumbuhan ekonomi akan bangkit. Sehingga komitmen luar biasa untuk pengembangan produk lokal, dalam artian bukan hanya kerjasama antar kota melainkan kolaborasi kota dengan komunitas dan anak muda kreatif.

Menpan RB Tjahjo Kumolo dalam forum ini menyampaikan materi mengenai reformasi birokrasi. '' Adanya forum Apeksi ini membangun silaturahmi, komunikasi, dan penyamaan visi misi bersama,'' kata dia. Di mana pemerintah pusat mempunyai keinginan program strategis bisa dilaksanakan bersinergi dengan kepala daerah sesuai denga kondisi wilayah.

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi mengatakan, forum expo Apeksi ini dalam rangka mendorong pengembangan UMKM di masing-masing daerah. Termasuk di Kota Sukabumi yanh diharapkan dapat bangkit dari pandemi dan terus berkembang.

0 Tanggapan

Silakan kirim saran dan komentar anda