19 Mei 2022


SUKABUMI--Wali Kota Sukabumi Sukabumi Achmad Fahmi melakukan penyerahan hasil sidang itsbat nikah, buku nikah, dan dokumen administrasi kependudukan lainnya ke sebanyak 30 pasangan yang mengikuti itsbat nikah, Kamis (19/5/2022).

Kegiatan itu digagas Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Tim Penggerak PKK Kota Sukabumi bekerjasama dengan Pengadilan Agama Kota Sukabumi dalam memperingati hari jadi ke 108 Kota Sukabumi. Selain wali kota hadir Ketua TP PKK Kota Sukabumi Fitri Hayati Fahmi, Ketua Pengadilan Agama Kota Sukabumi Djulia Herjanara dan Kadisdukcapil Kardina Karsoedi.

'' Itsbat nikah ini digelar karena masih banyak yang melakukan pernikahan siri,'' ujar Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi. Sehingga jadi motivasi penyemangat melakukan pembersihan nikah yang siri.

Sebab lanjut Fahmi, dampaknya bukan hanya pemeirntah, tapi warga dan keturunannya. Sebab bukan hanya dokumen administrasi kependudukan namun dalam menjaga marwah dan rasa percaya diri dari keturunan

Dalam artian tidak hanya sah secara agama tapi secara negara. '' Kami ucapkan selamat kepada warga yang ikut itsbat nikah, berharap kepada keluarga yang masih nikah siri mari sama-sama melakukan untuk merubah status dari nikah siri menjadi tertata secara negara,'' cetus dia.

Pada momen itu juga sekaligus diberikan kartu keluarga, kartu tanda penduduk, akta kelahiran, dam kartu identitas anak. Selain itu diberikan hadiah berupa menginap di hotel bagi dua pasangan yang beruntung hasil pengundian.

0 Tanggapan

Silakan kirim saran dan komentar anda