Wali Kota Sukabumi Serahkan Sertifikat PTSL ke Warga Karangtengah


SUKABUMI--Pemerintah Kota Sukabumi melalui Badan Pertanahan Nasional Kota Sukabumi melakukan penyerahan sertifikat tanah untuk rakyat program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun 2019-2020 di Wilayah Kelurahan Karangtengah, Kecamatan Gunungpuyuh, Selasa (19/7/2022). 

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi menyerahkan 5 sertifikat secara simbolis kepada para penerima sertifikat tanah untuk rakyat program PTSL, disaksikan Kepala Kantor Badan Pertanahan Nasional Kota Sukabumi Siti Hapisah, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah Andang Cahyandi, Camat Gunung Puyuh Aries Ariandi. 

Penyerahan sertifikat tanah tersebut untuk rakyat program PTSL dimaksudkan agar kepemilikan tanah lebih jelas. Hal tersebut merupakan salah satu wujud perhatian Pemkot Sukabumi kepada warga kurang mampu agar bisa memiliki sertifikat tanah.

 Saya ucapkan selamat kepada yang menerima bantuan dan tolong sertifikatnya dijaga dengan baik," ujar Achmad Fahmi. Di mana dalam momen ini diserahkan sebanyak 144 sertifikat kepada warga.

Kota Sukabumi kata Fahmi mendapatkan cukup banyak kuota untuk program PTSL sejak 2017 hingga 2022. Sejak 2017 sudah ada 36.297 yang mengikuti PTSL dan yang sudah diserahkan 35.784.

Di mana pada Selasa ini ada 144 serfikat yang diserahkan. Selain itu ada sebanyak 294 sertifikat menunggu kelengkapan berkas karena belum lengkap.

'' Kami menargetkan Kota Sukabumi sebagai kota lengkap, dalam artia. seluruh lahan yang ada di kota sudah tersertifikatkan supaya ada jaminan hkum, menghindari gugatan secara hukum dan harga jual lebih tinggi,'' ungkap Fahmi. Hal ini membutuhkan dukungan bersama seperti camat dan lurah dalam edukasi kepada warga.

Misalnya lahan yang dimiliki warga ada batasnya dan diketahui secara pribadi dan dengan sertikat resmi diakui oleh negara. Sebab dibuktikan dengan adanya dokumen yakni sertifikat. 

Ke depan Kota sukabumi bisa jadi percontohan di wilayah Jawa Barat sebagai Kota lengkap. Kondisi terwujud karena warganya sadar akan pentingnya sertifikat tanah sebagai dokumen berharga.

Dokumentasi Pimpinan
Dokumentasi Pimpinan Komunikasi dan Dokumentasi Pimpinan Pemerintah Kota Sukabumi merupakan bagian dari Sekretariat Daerah Kota Sukabumi.

Posting Komentar untuk "Wali Kota Sukabumi Serahkan Sertifikat PTSL ke Warga Karangtengah"