Pulihkan Ekonomi, Pemkot Sukabumi Gencarkan Bimtek Penanaman Modal dan Gebyar NIB


SUKABUMI--Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi membuka bimbingan teknis fasilitas penanaman modal dan gebyar nomor induk berusaha (NIB) tahun anggaran 2022 di Hotel Taman Sari, Selasa (2/8/2022).

Kegiatan yang digelar Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Sukabumi ini dilakukan untuk mendongkrak investasi khususnya dari pelaku UMKM yang memenuhi unsur perizinan. Hadir dalam pembukaan Kepala DPMPTSP Kota Sukabumu Didin Saripudin.

'' Dua tahun terakhir setelah berjibaku dengan pandemi, ada upaya recovery pasca pandemi,'' ujar Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi. Terutama berhubungan ekonomi, kesehatan, pendidikan dan lain sebagainya.

Salah satunya kegiatan Bimtek ini dalam hal upaya recovery. Fahmi mengatakan, pasca pandemi ada data unik terkait perubahan pola perilaku warga dari sisi belanja dan konsumsinya.

Misalnya warga lebih memilih berbelanja online dibandingkan offline karena secara cepat melihat barang dan harga beragam. Kedua masyarakat cenderung mereka belanja yang sudah terjamin secara kesehatan dan perizinann yang membuar kenyamanan kepada konsumen.

Hal ini lanjut Fahmi menjadi tantangan bagi pelaku UMKM bagaimana tidak ada alasan untuk tidak mengurus perizinan. Harapannya mereka yang akan membeli yang diyakini baik secara kesehatan, halal dan toyyib.

Fahmi mengatakan, pada 2022 ini ada sebanyak 250 UKM/IKM yang difasilitasi sertifikasi halal. Semangat ini mengacu pada UU tentang Cipta Kerja yang menpercepat pengurusan perizinan secara mandiri tanpa calo sesuai prosedur.



Intinya pola masyarakat membeli online atau ecommerce atau market place tidak ada yang bisa menolak teknologi. Sehingga pelaku UKM harus bisa beradaptasi. '' Mari sama-sama bangkitkan UKM IKM untuk menjadi pelaku UKM yang sukses dan berhasil,'' kata Fahmi.

Kepala DPMPTSP Kota Sukabumi Didin Saripudin menerangkan, bimtek ini bertujuan untuk pembuatan izin mandiri dan produksi produk benar dan higienis dan tersertifikasi serta bermitra dengan pengusaha lain. Kegiatan yang digelar pada 2-4 Agustus 2022 ini dibagi tiga sesi dengan jumlah peserta per sesi 78 orang sehingga total peserta 234 orang.

Dokumentasi Pimpinan
Dokumentasi Pimpinan Komunikasi dan Dokumentasi Pimpinan Pemerintah Kota Sukabumi merupakan bagian dari Sekretariat Daerah Kota Sukabumi.

Posting Komentar untuk "Pulihkan Ekonomi, Pemkot Sukabumi Gencarkan Bimtek Penanaman Modal dan Gebyar NIB"