Ponpes di Kota Sukabumi Harus Adaptif dengan Perkembangan Teknologi


Reportase: Dila Novianti

SUKABUMI--Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi menghadiri Rakerda 1 Forum Pondok Pesantren (FPP) Kota Sukabumi Spark Odeon Hotel Kota Sukabumi, Sabtu (10/9/2022).

Kegiatan ini untuk mendorong ponpes adaptif dengan perkembangan yang ada khususnya teknologi. Hadir dalam kesempatan ini Ketua FPP Kota Sukabumi KH Fathullah Mansur dan perwakilan Kementerian Agama Kota Sukabumi.

'' Kota Sukabumi masuk sebagai kota toleran di Indonesia,'' ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi. Di mana salah satunya karena FPP memberikan sumbangsih munculnya harmonisasi diantara umat beragama di Kota Sukabumi. 

Fahmi mengatakan, semangat optimisme harus dibangun di tengah tantangan yang dihadapi pesantren. Berharap ponpes di Kota Sukabumi diberikan perlindungan Allah SWT. 

Menurut Fahmi, ada dua isu yakni pertama ponpes jadi adaptif dengan perkembangan situasi yang ada percepatan teknologi atau transformasi digital. Misalnya handphone bukan hanya alat komunikasi tapi alat produksi. 

Sehingga harus menghadirkan ulama yang menguasai teknologi. Kedua dalam menghadapi pesta demokrasi 2024 Rakerda membawa pemahaman kalau ada perbedaan tidak boleh menceraiberaikan umat dan terjadi pertikaian.

Oleh karenanya saling mendukung dan berkolaborasi, sehingga menjadikan ponpes ikon terbaik dan madrasah jadi pusat perkembangan keilmuan atau pendidikan.



Posting Komentar untuk "Ponpes di Kota Sukabumi Harus Adaptif dengan Perkembangan Teknologi"