Wali Kota Bertindak Sebagai Irup Upacara HUT SatpolPP, Satlinmas, dan Damkar

Upacara peringatan Hari Ulangtahun Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) ke ke-73, Satlinmas ke-61, dan Pemadam Kebakaran dan penyelamatan ke-104 digelar di Balai Kota Sukabumi, Minggu (19/3/2023) pagi.

Bertindak sebagai inspektur upacara Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi dan dihadiri Wakil Wali Kota Sukabumi Andri Setiawan Hamami, Sekda Kota Sukabumi Dida Sembada, serta Kepala Dinas Satpol PP dan Damkar Ayi Jamiat. Dalam arahannya wali kota mendorong Satpol PP, Satlinmas dan Damkar meningkatkan profesionalitas dalam pelayanan kepada masyarakat.

'' Tema hari Satpol PP dan Satlinmas 2023 mewujudkan wilayah tertib dan ramah investasi melalui satpol PP dan satlinmas yang profesional,'' ujar Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi dalam sambutannya. Berdasarkan tema itu Satpol PP dan satlinmas memiliki peran strategis penyelanggaraan pemerintah di daerah. 

Sesuai arahan presiden dalam rakornas kepala daerah dan forkopimda tahun 2023 disebutkan untuk menghadapi isu perubahan pertumbuhan ekonomi dan pengendalian inflasi dibutuhkan peran satpol PP dan satlinmas dalam ketentraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat.

'' Untuk menciptakan situasi kondisi memungkinkan pemerintah pusat dan daerah dapat melakukan kegiatan tertib, tentram dan teratur diharapkan meningkatkan daya tarik dan kemudahan usaha bagi investor untuk mendukung pertumbuhan ekonomi di daerah,'' ungkap Fahmi. Sementara Tema besar hari damkar dan penyelamatan 2023 adalah pemadam kebakaran tangguh, rakyat tumbuh dan Indonesia tumbuh. 


Tema ini tepat dan sejalan dengan tema pemadam kebakaran internasional melalui layanan pencegahan dan pelayanan damkar dan penyelamatan profesional.

Fahmi mengatakan, dalam UU Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemda bahwa Satpol PP dan Satlinmas dan damkar melakukan urusan pemerintahan bidang ketentraman dan ketertiban umum serta perlindungan masyarakat diperlukan sinergitas antara satpol PP, satlinmas dan damkar. Terutama meningkatkan profesionalitas dan sinergitas dalam melaksanakan tugas dan fungsinya.

Hal jni diperlukan agar Visi kota Sukabumi religius, nyaman dan sejahtera dapat terealisasi dengan baik. Untuk mewujudkan perlu harmonisasi dan sinkronisisasi peraturan perundangan dengan produk hukum daerah.

Peningkatan kapasitas SDM, pemenuhan sarana penunjang dan melibatkan peran serta masyarakat kegiatan kenteraman umum dan perlindungan masyarakat. Satpol PP dan damkar telah berupaya melaksanaakan tugas fungsinya dalam menegakan perda dan perwal serta menyelenggarakan ketentraman masyarakat, ketertiban umum dan pelayanan di bidang damkar.

Salah satu diantaranya penertiban pedagang PKL sebagai implemnetasi penegakan Perd Nomor 2 tahun 2004 tentang Ketertiban Umum. Perbedaan kondisi beberapa ruas jalan yang awalnya penuh sesak bangunan permanen PKL, sekarang tidak nanpak lagi banguna permanen PKL.

Bahkan kini bisa melihat ujung jalan pasar dari Jalan Stasiun Timur dan sebaliknya. Satpol PP dan damkar bersinergi dalam pemindahan PKL Ir Djuanda ke jalan Dewi Sartika.


Satpol PP dan Damkar bukan hanya pelaksanaan pelayanan damkar bukan hanya pemadaman kebakaran melainkan penanganan sarang lebah tawon di rumah warga menangkap ular di lingkungan warga dan penyelematan hewan peliharaan. Apresiasi untuk Satpol PP dan Damkar atas peran kemanusiaan membantu gempa Cianjur.

'' Berpesan agar Satpol PP, satlinmas dan damkar agar profesional dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab,'' kata Fahmi. Tulus ikhlas dalam memberikan pelayanan, bersabar dan jangan mudah terpancing amarah lakukan penanganan persuasif ran humanis dalam tugas di lapangan.

Terakhir, atas nama pemda mengucapkan Selamat ulangtahun Satpol PP ke 73, Satlinmas ke-61, dan Pemadam Kebakaran dan penyelamatan ke-104.

Dokumentasi Pimpinan
Dokumentasi Pimpinan Komunikasi dan Dokumentasi Pimpinan Pemerintah Kota Sukabumi merupakan bagian dari Sekretariat Daerah Kota Sukabumi.

Posting Komentar untuk "Wali Kota Bertindak Sebagai Irup Upacara HUT SatpolPP, Satlinmas, dan Damkar"