Gerakan Jumsih Pemerintah Kota Sukabumi, Wujudkan Lingkungan Bersih dan Sehat



Pemerintah Kota Sukabumi melaksanakan kegiatan Jumat Bersih di Sungai Cisuda Baros, Kecamatan Baros pada Jumat, 24 November 2024.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh jajaran Pemerintah Kota Sukabumi, termasuk Penjabat Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji, beserta Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, H. Dida Sembada.

Dalam sambutannya, Penjabat Wali Kota Sukabumi mengatakan bahwa kegiatan Jumat Bersih merupakan salah satu upaya Pemerintah Kota Sukabumi untuk menjaga kebersihan lingkungan. Ia mengajak kepada seluruh peserta Jumsih untuk bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan.

"Sesuai dengan surat edaran Pemkot Sukabumi, bahwa kita akan mengadakan –rutin sebetulnya harus dilakukan-, yaitu tentang kegiatan Jumat Bersih. Kegiatan ini harus dilakukan secara istiqomah,” ujar Kusmana Hartadji.



Kebersihan dan kegiatan untuk mewujudkan lingkungan bersih dan sehat harus senantiasa hadir setiap hari. Penjabat Wali Kota Sukabumi mengakui, setelah diterbitkannya surat edaran tentang Jumat Bersih, kenampakan keindahan lingkungan di Kota Sukabumi sudah terlihat.

“ Alhamdulillah, dari rumah dinas sampai ke sini, ternyata sudah rapi dan bersih. Namun jangan lupa, pengawasan harus terus kita lakukan. Dari mulai hal terkecil dan diawali oleh diri kita. Misalnya, saat kita melihat sampah, ambil, dan buang ke tempatnya,” tambahnya.

Kusman Hartadji juga mengharapkan kegiatan Jumat Bersih tidak hanya dilakukan di lingkungan masyarakat, termasuk di lingkungan perkantoran pemerintah.

“ Sebab, kegiatan Jumat Bersih yang kita lakukan ini akan menjadi inspirasi bagi masyarakat. Kita harus sama-sama membersihkan lingkungan sekitar, yang dekat dengan kita dulu,” pungkas Kusmana Hartadji.



Pada kegiatan Jumat Bersih tersebut, seluruh peserta membersihkan sampah yang ada di sekitar Sungai Cisuda Baros. Sampah yang dibersihkan meliputi sampah plastik, sampah organik, dan sampah lainnya.

Selain membersihkan sampah, peserta juga melakukan pemotongan rumput di sekitar Sungai Cisuda Baros. Pemotongan rumput ini bertujuan untuk menambah estetika sungai.

Kegiatan Jumat Bersih di Sungai Cisuda Baros ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi masyarakat untuk bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan. Dengan lingkungan yang bersih, maka kualitas hidup masyarakat juga akan semakin baik.

Pewarta.          : Kang Warsa
Dokumentasi  : Agus Rustiawandi

DOKPIM KOTA SUKABUMI
Pranata Kehumasan
Ross Pristianasari
Dokumentasi Pimpinan
Dokumentasi Pimpinan Komunikasi dan Dokumentasi Pimpinan Pemerintah Kota Sukabumi merupakan bagian dari Sekretariat Daerah Kota Sukabumi.

Posting Komentar untuk "Gerakan Jumsih Pemerintah Kota Sukabumi, Wujudkan Lingkungan Bersih dan Sehat"