Penjabat Wali Kota Sukabumi Hadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Lodaya 2023



Kondusitiftas Kota Sukabumi selama peringatan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 bukan sekadar tugas aparat keamanan, juga menjadi tanggung jawab seluruh pihak.

Hal di atas disampaikan oleh Pimpinan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Lodaya 2023, Ari Setyawan Wibowo pada Kamis, 21 Desember 2023 di Terminal K.H. A. Sanusi, Lingkar Selatan.

Penjabat Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji, bersama unsur Forkopimda Kota Sukabumi menghadiri apel yang digelar dalam rangka pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Pada apel tersebut, Kapolres Sukabumi Kota, Ari Setyawan Wibowo, menyampaikan amanat bahwa pengamanan Nataru merupakan tugas rutin agar selama Natal dan Tahun Baru tercipta keamanan dan berjalan dengan lancar.

“Mengingat, Nataru tahun ini bertepatan dengan masa kampanye, akan memiliki potensi kerawanan yang tinggi. Oleh karena itu, Operasi Lilin Lodaya ini melibatkan TNI, Pemda, dan stakeholder terkait lainnya,” kata Ari Setyawan Wibowo.

Sementara itu, Penjabat Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji, berharap setiap rumah ibadah terjamin kegiatannya. Pemerintah Kota Sukabumi akan senantiasa melakukan kolaborasi dengan unsur-unsur Forkopimda lainnya dalam pengamananan Nataru.

“Konsentrasi masyarakat biasa terjadi di malam tahun baru. Hal ini yang harus kita antisipasi. Mari wujudkan, Kota Sukabumi sebagai Kota Sejuta Cinta dan Sejuta Cerita. Bahkan, sudah saatnya ketika ada keramaian atau kerumunan massal mulai ditempuh strategi penyebaran titik-titik keramaian untuk memudahkan pengawasan,” kata Kusmana Hartadji.

Pemusnahan Barang Bukti Miras

Setelah Apel Gelar Pasukan, unsur Forkompimda Kota Sukabumi mengikuti pemusnahan barang bukti, terdiri dari minuman keras dan knalpot brong. Barang bukti yang terkumpul dalam waktu lima bulan selama razia moras oleh Polres Sukabumi Kota sebanyak 6.170 botol miras dan 722 knalpot brong.

“Seluruh barang bukti ini, hari ini juga, akan kita musnahkan semua. Kegiatan pemusnahan barang bukti ini untuk memotivasi kita agar berani dalam memerangi minuman keras. Karena kita tahu, salah satu penyebab kejahatan yang terjadi di wilayah kita adalah banyaknya pelaku kejahatan mengonsumsi miras,” kata Wakapolres Sukabumi Kota, Tahir Muhidin beberapa saat sebelum pemusnahan barang bukti miras.

Pemusnahan Barang Bukti Miras dilakukan secara simbolis oleh Penjabat Wali Kota Sukabumi bersama unsur Forkopimda dengan memecahkan beberapa botol minuman keras. Selanjutnya, seluruh barang bukti dimusnahkan.

Pemusnahan barang bukti minuman keras dan knalpot brong dilakukan sebagai bentuk komitmen Pemerintah Kota Sukabumi untuk memerangi peredaran miras dan knalpot brong.


Pewarta         : Kang Warsa
Dokumentasi : Dede Soleh Saepul

DOKPIM KOTA SUKABUMI
Pranata Kehumasan
Ross Pristianasari 
Dokumentasi Pimpinan
Dokumentasi Pimpinan Komunikasi dan Dokumentasi Pimpinan Pemerintah Kota Sukabumi merupakan bagian dari Sekretariat Daerah Kota Sukabumi.