SantaSea Theme Park Dibuka Kembali, Penjabat Wali Kota Optimis Menjadi Destinasi Wisata Utama Kota Sukabumi

SantaSea Theme Park Kota Sukabumi resmi dibuka kembali pada Sabtu, 30 Desember 2023. Pembukaan ini ditandai dengan kegiatan Re-Grand Opening yang dihadiri oleh Penjabat Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji.

Dalam sambutannya, Kusmana Hartadji mengapresiasi kehadiran SantaSea sebagai wahana wisata di Kota Sukabumi. Ia menilai, SantaSea merupakan bentuk kolaborasi nyata antara pemerintah dan swasta.

"Saya mengapresiasi kehadiran SantaSea sebagai wahana wisata di Kota Sukabumi. Ini merupakan bentuk kolaborasi nyata antara pemerintah dan swasta," kata Kusmana Hartadji.

Ia menuturkan, SantaSea merupakan areal wisata yang dikelola secara profesional. Kendati sempat mengalami penutupan selama pandemi, namun para pengusaha harus terus bangkit dan berkembang untuk pembangunan di Kota Sukabumi.

"Bukan hal mustahil, Kota Sukabumi akan menjadi kota wisata. Yang terpenting orientasinya kepada pelanggan, layani mereka sepenuh hati. Pengelola juga harus terus melatih dan meningkatkan SDM karyawan. Dan juga jangan terlalu mahal -untuk tiket masuk- sebagai proses awalan," tambahnya.

Festival-festival juga harus terus dikembangkan. Dalam RPJPD Kota Sukabumi 2025-2045 telah tertuang bahwa Kota Sukabumi sebagai kota kreatif, unggul, berbudaya, dan berkelanjutan.

"Manfaatkan terus SantaSea sebagai wahana edukasi dan hiburan. Keunggulan pariwisata adalah kelengkapan fasilitasnya. Munculkan budaya dan pertunjukan lokal. Pemerintah akan terus memberikan dukungan kepada pihak swasta dan komunitas," pungkas Penjabat Wali Kota Sukabumi.

Pihak SantaSea, melalui Grand Manajernya, Widianto mengatakan, keberadaan SantaSea kali ini merupakan peremajaan dari wajah sebelumnya. Renovasi besar-besaran dilakukan pasca-pandemi. Ia merasa yakin, melalui kegiatan bisnis seperti SantaSea ini, akan memiliki nilai tambah bagi Kota Sukabumi.

"SantaSea adalah wujud nyata kolaborasi antara pemerintah dengan sektor wisata. Tujuan dibangun kembali SantaSea yaitu untuk memanfaatkan sumber daya alam (SDA) seperti air hangat dan vegetasi sebagai pendukung wahana wisata," ujar Widianto.

SantaSea memiliki banyak wahana yang dapat dijadikan pilihan oleh pengunjung. Wahana tersebut, dituturkan oleh Widianto, terdiri dari wahana kolam ombak, air terjun, kolam olympic, dan wahana berkonsep Jepang.

"Di dalam wahana berkonsep Jepang, pengunjung dapat menikmati air hangat alami. Sedangkan kolam olympic merupakan kolam renang dengan standar olimpiade yang dapat digunakan untuk latihan berenang bagi siswa SD, SMP, dan SMA," terangnya.

Senada dengan Widianto, Direktur SantaSea, Syahrial menuturkan, SantaSea memiliki keunggulan lain yaitu dengan melibatkan para pelaku UMKM untuk berjualan di kantin-kantin di sebelah Barat wahana. Keuntungan lain bagi masyarakat sekitar, SantaSea telah membuka kesempatan dan peluang kerja bagi masyarakat.

"Kami berharap, SantaSea akan menjadi wahana yang tepat bagi pertumbuhan industri kreatif dan kearifan lokal, SantaSea dapat menjadi wadah bagi pelaku ekraf," kata Syahrial.

Dalam waktu dekat, SantaSea Theme Park diharapkan menjadi destinasi wisata utama di Kota Sukabumi. Selain sebagai tempat wisata, SantaSea juga harus menjadi wahana edukasi dan siap menjadi tuan rumah yang baik dan ramah kepada pengunjung.

Berikut adalah beberapa keunggulan SantaSea Theme Park yang dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan:

Lokasi strategis

SantaSea Theme Park terletak di Belakang Terminal Lingkar Selatan. Lokasi ini sangat strategis karena berada tidak jauh dari jalur utama.

Fasilitas lengkap

SantaSea Theme Park memiliki berbagai fasilitas yang lengkap, seperti wahana air, kolam renang, gazebo, dan tempat makan. Fasilitas-fasilitas ini dapat memenuhi kebutuhan wisatawan untuk berwisata dan bersantai.

Harga  terjangkau

Tiket masuk SantaSea Theme Park relatif terjangkau, yaitu Rp 70.000 untuk dua tiket saat promosi pembukaan.

Promo menarik

SantaSea Theme Park biasa mengadakan promo menarik, seperti diskon tiket masuk dan paket wisata. Promo-promo ini dapat menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke SantaSea Theme Park.

Dengan keunggulan-keunggulan tersebut, SantaSea Theme Park memiliki potensi untuk menjadi destinasi wisata utama di Kota Sukabumi.


Pewarta         : Kang Warsa
Dokumentasi : Dede Soleh Saepul

DOKPIM KOTA SUKABUMI
Pranata Kehumasan
Ross Pristianasari
Dokumentasi Pimpinan
Dokumentasi Pimpinan Komunikasi dan Dokumentasi Pimpinan Pemerintah Kota Sukabumi merupakan bagian dari Sekretariat Daerah Kota Sukabumi.