Entry Meeting Pemerintah Kota Sukabumi dengan BPK Perwakilan Jawa Barat

Pemerintah Kota Sukabumi menggelar Entry Meeting dengan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Jawa Barat terkait Pemeriksaan Interim Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2023, pada Senin, 19 Februari 2024 di Ruang Utama Balai Kota Sukabumi.

Entry Meeting ini dihadiri oleh Pj. Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji, Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, H. Dida Sembada, Kepala BPK Perwakilan Jawa Barat, Sudarminto Eko Putra, dan tim auditor BPK Perwakilan Jawa Barat.

Dalam sambutannya, Kepala BPK Perwakilan Jawa Barat, Sudarminto Eko Putra, menyampaikan bahwa pemeriksaan interim ini bertujuan untuk memeriksa laporan keungan Pemeriintah Kota Sukabumi TA 2023.

"Kami akan memeriksa akun-akun yang menjadi fokus pemeriksaan, yaitu bantuan sosial, belanja modal, dan transaksi lainnya. Kami juga akan memeriksa ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan, efektivitas, dan efisiensi pengelolaan keuangan daerah," ujar Sudarminto.

Sudarminto menambahkan bahwa BPK tidak akan mempublikasikan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) karena bersifat internal. Namun, BPK akan bersikap profesional dan objektif dalam melakukan pemeriksaan. 

Ia juga mengingatkan bahwa pelaporan hasil pemeriksaan dilakukan secara berjenjang, mulai dari tingkat satuan kerja, organisasi perangkat daerah, hingga pemerintah daerah.

Sudarminto juga menginformasikan bahwa tim auditor BPK akan memeriksa ke lapangan, baik yang berskala besar, sedang, maupun kecil. Semua objek pemeriksaan akan mendapat sampling sesuai dengan kriteria yang ditetapkan. Ia juga meminta agar semua pihak yang terkait dapat berkomunikasi dan berkonsultasi dengan tim auditor BPK.

Sementara itu, Pj. Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji, dalam sambutannya, menyatakan bahwa Pemerintah Kota Sukabumi menyambut baik pemeriksaan interim ini. Ia berharap agar pemeriksaan ini dapat berjalan lancar dan transparan.

"Kami siap untuk bekerja sama dengan BPK dalam rangka meningkatkan akuntabilitas dan kualitas pengelolaan keuangan daerah. Kami juga berkomitmen untuk menindaklanjuti setiap rekomendasi yang diberikan oleh BPK," ucap Kusmana.

Pj. Wali Kota Sukabumi berharap agar dalam pemeriksaan interim ini setiap SKPD membangun komunikasi yang baik dengan BPK.

Pewarta         : Kang Warsa
Dokumentasi : Dede Soleh Saepul

DOKPIM KOTA SUKABUMI
Pranata Kehumasan
Ross Pristianasari  
Dokumentasi Pimpinan
Dokumentasi Pimpinan Komunikasi dan Dokumentasi Pimpinan Pemerintah Kota Sukabumi merupakan bagian dari Sekretariat Daerah Kota Sukabumi.