Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas TP-PKK Kota Sukabumi: Menuju Keluarga Sejahtera dan Berkualitas

Penjabat TP-PKK Kota Sukabumi secara resmi membuka kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas TP-PKK yang diselenggarakan di Kelurahan Sindangsari, Kecamatan Lembursitu, Kota Sukabumi pada Kamis, 20 Juni 2024.

Acara ini dihadiri oleh berbagai tokoh, termasuk Camat Lembursitu Yudi Sutriana, Lurah Sindangsari Yunan, Kepala Bidang P3A DP2KBP3A Ineu Nuraeni, serta Ketua TP PKK Kecamatan dan Kelurahan beserta para pengurus dan kader PKK Kelurahan Sindangsari.

Dalam sambutannya, Yudi Sutriana mengucapkan rasa syukur atas kehadiran para anggota masing-masing Pokja di Bimtek ini.

Ia menjelaskan bahwa tujuan dan fungsi Bimtek ini adalah untuk penguatan peran PKK di Kelurahan Sindangsari dengan materi yang difokuskan pada peningkatan kapasitas dan peran PKK.

Yudi menekankan pentingnya peran PKK sebagai Lembaga Kemasyarakatan Kelurahan (LKK) dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga dan masyarakat, meskipun tidak ada insentif finansial untuk para kader.

"Tidak ada insentif untuk para kader, tetapi totalitas dan bekerja sepenuh hati serta pengabdian juga peran aktif yang dilakukan oleh para kader sangatlah penting," ungkap Yudi.

Ia berharap bahwa berbagai kegiatan yang dilakukan PKK akan memberikan tambahan ilmu yang bermanfaat dan dapat dipraktikkan di lingkungan sekitar. "Jangan sampai kita membina keluarga tetapi keluarga kita terabaikan," tambahnya.

Sementara itu, Diana Rahesti, Pj. TP-PKK Kota Sukabumi, dalam paparannya merasa bangga dan bahagia bisa hadir di tengah-tengah para kader PKK Kelurahan Sindangsari yang luar biasa.

Ia menyampaikan terima kasih kepada seluruh panitia penyelenggara, khususnya TP PKK Kelurahan dan Lurah Sindangsari serta jajarannya atas terselenggaranya kegiatan ini dengan baik.

Diana menegaskan bahwa TP-PKK merupakan organisasi kemasyarakatan yang berperan penting dalam membantu pemerintah melaksanakan pembangunan di berbagai bidang.

"Melalui kegiatan Bimtek peningkatan kapasitas ini, saya berharap ibu-ibu kader PKK Kelurahan Sindangsari dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan wawasan dalam melaksanakan 10 program pokok PKK," ujarnya.

Dengan demikian, para kader PKK diharapkan dapat berkontribusi lebih maksimal dalam mewujudkan keluarga yang sejahtera dan berkualitas, serta mendukung pembangunan di Kota Sukabumi.

Diana juga mengingatkan pentingnya kerja keras, kebersamaan, dan sinergi untuk mencapai tujuan bersama.

Ia mengajak seluruh kader PKK untuk meningkatkan partisipasi aktif dalam kegiatan PKK, mengembangkan kreativitas dan inovasi, membangun kerjasama yang solid dengan semua pihak terkait, dan menjadi teladan bagi keluarga dan masyarakat.

"Jika sudah menerjunkan diri menjadi kader PKK, harus memiliki komitmen penuh, tidak boleh berpihak, dan harus menjadi teladan untuk masyarakat," pungkasnya.

Diana Rahesti mengatakan pentingnya para kader mengetahui tugas pokok dan fungsinya masing-masing dengan menerapkan hierarki kepengurusan. Selain itu, ia mendorong para kader untuk bersinergi, berkolaborasi, dan meningkatkan keterampilan serta wawasan dengan kemauan dan keinginan yang kuat, serta selalu kompak dan satu suara.

Kabid Ineu Nuraeni juga menambahkan bahwa kegiatan yang diselenggarakan PKK di berbagai tingkat sangat bermanfaat.

"Kita harus menjadi teladan untuk diri sendiri, keluarga, maupun lingkungan. Peningkatan pemberdayaan perempuan harus maju dan sehat. Keluarga yang sehat, maju, dan berkualitas dimulai dari perempuan, yaitu ibu," kata Ineu.

Dengan kegiatan Bimtek ini, membukanpeluang para kader PKK Kelurahan Sindangsari dapat terus meningkatkan peran dan fungsinya, membagi peran dengan baik, dan melaksanakan tujuan bersama, sehingga menjadi pelopor dan pelapor yang mampu membawa perubahan positif bagi masyarakat.

Pewarta          : Puteri Zauhara 
Dokumentasi  : Agus Rustiawandi

DOKPIM KOTA SUKABUMI
Pranata Kehumasan
Ross Pristianasari
Dokumentasi Pimpinan
Dokumentasi Pimpinan Komunikasi dan Dokumentasi Pimpinan Pemerintah Kota Sukabumi merupakan bagian dari Sekretariat Daerah Kota Sukabumi.