Pemkot Sukabumi Dukung Penuh Pengembangan Posyandu, Harapkan Peringkat Terbaik

Penjabat Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji menerima Tim Rechecking Lomba Posyandu tingkat Provinsi Jawa Barat di Balai Kota Sukabumi, Jumat (26/7/2024), di Ruang Utama Balai Kota Sukabumi.

Pada momen tersebut disampaikan bahwa keberadaan posyandu sangat diperlukan dalam upaya promotif dan preventif kepada masyarakat. Hadir dalam kesempatan itu Penjabat Ketua TP-PKK Kota Sukabumi Diana Rahesti.

" Dengan berbagai dukungan Pemkot Sukabumi diharapkan pelayanan posyandu kepada masyarakat di Kota Sukabumi bisa menjadi lebih berkualitas dan mampu memberikan alternatif sebagai garda terdepan," ujar Penjabat (PJ) Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji. Untuk memberikan layanan dasar kesehatan masyarakat agar tercapainya posyandu mandiri dan multifungsi menuju kota sukabumi yang bahagia lahir dan batin.

Kusmana menuturkan saat ini jumlah posyandu di Kota Sukabumi sampai dengan tahun 2023 sebanyak 461 posyandu, dengan kategori posyandu aktif sebesar 100%. Dimana hampir semua kategori posyandu berstrata mandiri dan strata pratama sudah tidak ada di Kota Sukabumi.


"Jumlah kader di Kota Sukabumi saat ini mencapai 4.487 orang artinya ada kenaikan sebesar 31,54% dibanding tahun lalu (3.121 orang) karena tahun ini banyak kader baru terutama kader posyandu remaja," Kata Kusmana.

Dijelaskan Kusmana, untuk dapat membantu meningkatkan kualitas kelembagaan posyandu, Pemerintah Kota Sukabumi memberikan dukungan kebijakan dengan mengeluarkan 11 Perda, Perwal, Kepwal sampai dengan surat edaran dan dukungan dana yang disalurkan kepada pokjanal posyandu Kota, Kecamatan, dan Kelurahan serta Posyandu.

" Pokjanal posyandu di Kota Sukabumi tentunya terdiri dari multi OPD dan Pentahelix lainnya. Pelaksanaan kerja Pokjanal difokuskan pada program unggulan, salah satunya adalah integrasi layanan primer yang diawali dengan penerapan siklus hidup di posyandu," terangnya.

Pewarta          : Ovie 
Dokumentasi  : Dede Soleh Saepul

DOKPIM KOTA SUKABUMI
Pranata Kehumasan
Ross Pristianasari
Dokumentasi Pimpinan
Dokumentasi Pimpinan Komunikasi dan Dokumentasi Pimpinan Pemerintah Kota Sukabumi merupakan bagian dari Sekretariat Daerah Kota Sukabumi.