Forkopimda Kota Sukabumi Solidkan Persiapan Pilkada 2024

Penjabat Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji memimpin langsung Rapat Koordinasi Lintas Sektor bersama unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di ruang pertemuan Balai Kota Sukabumi, Kamis (10/10/2024).

Rapat ini digelar dalam rangka membahas progres persiapan tahapan menjelang pelaksanaan pesta demokrasi Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) pengamanan tahapan kampanye dan persiapan pencoblosan yang akan datang.

Dalam rapat yang dihadiri oleh seluruh perwakilan unsur Forkopimda, PJ Sekretaris Daerah Kota Sukabumi Hasan Asari, para kepala OPD di lingkungan Pemkot Sukabumi, Ketua KPU , Ketua Bawaslu Kota Sukabumi.

“Pentingnya koordinasi yang baik antara seluruh elemen pemerintah dan keamanan demi memastikan bahwa Pilkada di Kota Sukabumi berjalan aman, tertib, dan kondusif,” ujar PJ Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji.

Dalam tahapan Pilkada 2024, Pemkot Sukabumi mengharapkan tahapan Pilkada dapat berjalan dengan lancar aman tertib dan kondusif sehingga masyarakat dapat memberikan hak suaranya dengan nyaman dan aman. Meningkatkan sinergitas unsur pemerintahan, TNI, Polri, Masyarakat serta Mitigasi kerawanan kewaspadaan dini dan deteksi dini merupakan salah satu upaya dalam mencegah terjadinya kerawanan dalam Pilkada.

Indikator keberhasilan Pilkada serentak 2024, berlangsung aman dan lancar sesuai dengan aturan yang berlaku, partisipasi pemilih yang tinggi, pemerintahan yang ada tetap berjalan lancar baik dipusatkan maupun di daerah , tidak terjadi konflik yang dapat merusak persatuan dan kesatuan bangsa terutama konflik kekerasan.

“Saya mengingatkan kembali kepada para pasangan calon agar materi yang efektif sampaikan visi misi yang baik, program-program kerja,” kata Kusamana.

Kejari Kota Sukabumi mengingatkan agar tetap waspada dalam pelaksanaan kampanye Pilkada 2024, mengingat banyaknya kejadian kejadian dari pasangan calon yang melanggar. “Kalo ada paslon yang menyelundup lebih baik di tegur langsung. Seperti halnya di bioskop masih ada iklan paslon. Kejaksaan insyallah netral dan tetap diawasi kejati,” paparnya.

Wakapolres Sukabumi Kota menyampaikan dalam pelaksanaan Pilkada yang akan datang Polri menyiapkan sekitar 450 personil baik dimulai Pencoblosan hingga penetapan. Terkait pelanggaran yang banyak terjadi dimasa kampanye anggota Polri sudah tersebar apapun yang terjadi akan menyelesaikannya sesuai aturan yang berlaku.

Dan harapannya kampanye terbuka jadwalnya diinformasikan agar tidak terjadi bentrokan. Bantuan personil baik di jalan maupun lokasi akan dikerahkan, Harapnya Pilkada aman tidak terjadi tindakan yang berunsur pidana.

Perwakilan Dandim 0607 menyampaikan anggota TNI akan berkomitmen menjaga netralitas tetap berpegang teguh, selanjutnya pihaknya meminta jadwal dari bawaslu terkait kampanye Paslon.

Sementara itu KPU Kota Sukabumi Memfasilitasi beberapa hal diantaranya terkait penjadwalan kampanye, keputusan lokasi yang bisa dilakukan pemasangan alat peraga kampanye. Juga lokasi yang tidak boleh di gunakan kampanye. Terkait pelaksanaan memang memiliki tugas dan fungsi baik kepada peserta dan masyarakat.

KPU juga memberikan arahan bahwa Bahan kampanye tidak boleh sembako, tetapi seperti misalnya pakaian alat makan minum kalender kartu nama alat tulis stiker diperbolehkan namun dengan nominal tidak boleh melebih 100rb. Sebagaimana tadi mudah mudahan KPU bisa melakukan edukasi kembali.

Rencananya KPU akan memberlangsungkan Debat pasangan calon Oktober dan November.Progres dari kegiatan KPU ada dua hal mengenai logistik,dukungan perlengkapan lainnya.

Dijelaskan Bawaslu hingga hari ini pihaknya telah mendapatkan aduan 5 pelaporan yang sudah di register. Bawaslu berharap pesta demokrasi di Kota Sukabumi hari berjalan dengan penuh kebahagiaan. Pesta jangan yang mencekam tapi bahagia.

Bawaslu ketika mendapatkan laporan itu harus di bahas dalam 1x24 jam selama 5 hari harus segera menyelesaikan ke mana arah pelanggaran tersebut.

Harapannya aduan aduan berkurang, dan akan tetap berkomitmen melakukan pencegahan himbauan saran perbaikan dilakukan Bawaslu ke KPU.

Keikutsertaan ASN dalam kampanye dan juga informasi publik di media sosial, terkait penyebaran masa kampanye.

Pewarta          : Ovie 
Dokumentasi  : Dede Soleh Saepul

DOKPIM KOTA SUKABUMI
Pranata Kehumasan
Ross Pristianasari
Dokumentasi Pimpinan
Dokumentasi Pimpinan Komunikasi dan Dokumentasi Pimpinan Pemerintah Kota Sukabumi merupakan bagian dari Sekretariat Daerah Kota Sukabumi.