Swara Perintis FM - 93.1 MHz - My City My Radio

Andang Tjahjandi Dilantik sebagai Sekretaris Daerah Kota Sukabumi

Pemerintah Kota Sukabumi resmi melantik Andang Tjahjandi sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) definitif secara daring pada Rabu, 28 Mei 2025, dalam upacara pelantikan yang berlangsung di Ruang Utama Balai Kota Sukabumi. Selain Sekda, Wali Kota Sukabumi, H. Ayep Zaki juga melantik 11 pejabat eselon III, 6 pejabat eselon IV, dan 1 pejabat fungsional.

Pelantikan tersebut dihadiri oleh Wakil Wali Kota Sukabumi Bobby Maulana, Plh. Sekda Kota Sukabumi Asep Suhendrawan, serta jajaran aparatur Pemkot Sukabumi. Momentum ini menjadi titik penting dalam memastikan keberlangsungan roda pemerintahan yang solid dan terstruktur.

Dalam sambutannya, Wali Kota Sukabumi menyampaikan bahwa pelantikan ini dilakukan seiring dengan akan berakhirnya masa tugas Penjabat Sekda pada 6 Juni 2025. “Untuk kepastian pemangku jabatan Sekda, hari ini kita laksanakan pelantikan Sekda definitif,” ujarnya.

Wali Kota juga menjelaskan bahwa proses menuju pelantikan telah melalui tahapan panjang dan legalitas yang ketat. "Kita sudah mendapatkan izin dari Badan Kepegawaian Negara, Gubernur Jawa Barat, dan Menteri Dalam Negeri. Semua proses berjalan sesuai aturan," ungkapnya.

Ia menegaskan bahwa mutasi, rotasi, dan promosi jabatan adalah hal biasa dalam sebuah organisasi birokrasi. Menurutnya, hal serupa juga dilakukan oleh pemerintah provinsi maupun kabupaten lainnya. “Organisasi di mana pun pasti melakukan mutasi dan promosi. Ini hal biasa,” tegasnya.

Lebih lanjut, Wali Kota menyerukan agar semua pejabat dan ASN bersatu dalam satu barisan kepemimpinan, menghindari friksi atau kelompok-kelompok internal. “Semuanya harus bersatu, satu komando, patuh kepada Wali Kota,” lanjut H. Ayep Zaki.

Salah satu fokus utama yang kembali ditekankan Wali Kota Sukabumi adalah peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Ia meminta agar para pejabat yang baru dilantik segera melakukan konsolidasi dengan unit kerja masing-masing, serta menjadikan peningkatan PAD sebagai semangat kolektif.

“Setelah pelantikan, silakan konsolidasikan dengan unit kerja masing-masing. Peningkatan PAD harus menjadi penyemangat. Kalau Kota Sukabumi sudah kaya, pegawainya juga akan sejahtera,” katanya.

Dalam arahannya, Wali Kota juga menyinggung pentingnya kemandirian fiskal dan penguatan kelembagaan daerah. Ia menilai bahwa kondisi keuangan daerah yang sehat akan menjadi kunci keberhasilan dalam pembangunan serta peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Pelantikan ini dapat menjadi momentum bagi seluruh pejabat untuk meningkatkan kinerja, memperkuat koordinasi lintas sektor, dan berkontribusi maksimal dalam mewujudkan pemerintahan yang responsif dan profesional di Kota Sukabumi.

Pewarta            : Kang Warsa 
Dokumentasi   : Agus Rustiawandi

DOKPIM KOTA SUKABUMI
Pranata Kehumasan
Ross Pristianasari
Dokumentasi Pimpinan
Dokumentasi Pimpinan Komunikasi dan Dokumentasi Pimpinan Pemerintah Kota Sukabumi merupakan bagian dari Sekretariat Daerah Kota Sukabumi.