Kota Sukabumi Fokus Rencanakan Tata Lingkungan yang Manusiawi



SUKABUMI--Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi membuka Forum Perangkat Daerah (FPD) Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Sukabumi di Hotel Balcony, Rabu (24/2). Harapannya dalam FPD ini lahir perencanaan pembangunan yang manusiawi dan beradab dengan tata kota dan lingkungan yang lebih baik. 

Pada kesempatan tersebut hadir Kepala DLH Kota Sukabumi, Adil Budiman. '' Dalam FPD bagaimana meramu dan merangkum usulan warga dari musrenbang baik kelurahan dan kecamatan selanjutnya akan masuk ke musrenbang tingkat kota,'' ujar Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi.

Itulah sebabnya betapa pentingnya komunitas lingkungan hidup dan aparat kewilayahan dalam memberikan kritik dan saran dalam FPD. Hal ini karena dalam kesempatan ini fokus apa yang akan dilakukan di 2022 berhubungan dengan lingkungan.

Fahmi menuturkan, lingkungan hidup ini bukan hanya isu daerah dan regional atau nasional akan tetapi jadi isu global. Bahkan dalam agama juga menunjukkan lingkungan hidup jadi indikator peradaban manusia.

Dalam konsep ini ungkap Fahmi, semua bersepakat melakukan penataan berhubungan dengan lingkungan, bukan sekedar sampah dan edukasi kepada warga dan bukan hanya pohon dan hutan. Akan tetapi lingkungan bagaimana tata kota yang manusiawi dan semakin beradabnya pembangunan dilihat dari tata kota yang baik salah satunya pengelolaan lingkungan hidup.

Khususnya warga yang belum disiplin menjaga lingkungan dan kebersihan dapat meningkat kesadarannya. FPD ini mampu menjawab harapan warga dari waktu ke waktu yang memiliki ekpektasi luar biasa terkait pembangunan, kebersihan lingkungan, sungai dan sekitarnya.

'' Isu strategis 2021-2023 yakni kualitas lingkungan hidup bagaimana menjaga udara dan lingkungan suasana kota yang nyaman,'' imbuh Fahmi. Konteks nyaman terkait erat dengan lingkungan hidup dan bagaimana warga mau datang lagi dengan tata kota yang baik.

Posting Komentar untuk "Kota Sukabumi Fokus Rencanakan Tata Lingkungan yang Manusiawi"