01 Maret 2021

Sektor pertanian merupakan salah satu sektor yang mampu bertahan dalam masa pandemi seperti ini, baik itu dari sisi produksi, pengolahan maupun pemasaran yang mencapai hampir seluruh wilayah.




SUKABUMI--Forum Perangkat Daerah (FPD) Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Sukabumi mendorong peningkatan Daya Saing Daerah.

" Peningkatan kemampuan para pelaku pertanian diharapkan dapat meningkatkan daya saing sehingga mampu meningkatkan taraf hidup masyarakat," ujar Wakil Wali Kota Sukabumi Andri S Hamami pada saat menghadiri FDP DKP3, Senin (1/2) di kawasan Agro Wisata Cikundul.

Peningkatan kualitas pangan off farm, misalnya padi organik, merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan mengingat luas lahan pertanian di Kota Sukabumi semakin menurun.

Pada lahan yang terbatas, Untuk peningkatan nilai jual dari produk pangan perlu dilakukan upaya-upaya penerapan teknologi pertanian.

Dalam perencanaan pembangunan pertanian beberapa tantangan kedepan di bidang pangan, pertanian dan perikanan antara lain, pertumbuhan penduduk, pemenuhan gizi seimbang, perubahan iklim, ketersediaan lahan dan air, regenerasi petani, dan stabilitas harga.

" Dalam hal ini perlu adanya intervensi dari pemerintah mengingat petani dan konsumen adalah pihak yang paling rentan dalam mata rantai distribusi pangan," terangnya.

Dijelaskannya, FPD ini dalam rangka mempersiapkan program dan kegiatan pembangunan Tahun 2022 yang lebih terpadu, efektif, efisien, akuntabel dan transparan, membangun sinergisme perencanaan antara Pusat dan Daerah serta mengarahkan pengalokasian anggaran.

" Melalu FPD diharapkan adanya masukan kegiatan yang selaras dengan tujuan dan sasaran DKP3 (bottom-up policy) sehingga dapat mendukung pencapaian IKU RPJMD yaitu Skor Pola Pangan Harapan dan Kota Sukabumi yang RENYAH dari segi pangan, dapat terwujud. Semoga kedepan sistem perencanaan kita semakin baik, karena keberhasilan suatu kegiatan tidak terlepas dari peran perencanaan," terangnya


0 Tanggapan

Silakan kirim saran dan komentar anda