Posyandu Kota Sukabumi Masuk Verfikasi Enam Besar Lomba Tingkat Jabar




SUKABUMI--Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi melakukan penerimaan Tim Rechecking Lomba Posyandu Provinsi Jawa Barat di Ruang Utama Balai Kota Sukabumi, Selasa (23/11). 

Posyandu di Kota Sukabumi tepatnya di RW 05 Kelurahan/Kecamatan Gunungpuyuh masuk dalam verifikasi enam besar lomba posyandu tingkat Jabar. Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Tim Penggerak PKK Kota Sukabumi Fitri Hayati Fahmi dan Ketua Tim Penilai Lomba Posyandu Tingkat Jabar R Julianto.

'' Berharap Kota Sukabumi memberikan yang terbaik mendukung visi misi gubernur dan Pemprov Jabar terutama layanan posyandu,'' ujar Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi. Hal ini sejalan dengan Permendagri Nomor 19 tahun 2011 yang mengamanatkan peran dan fungsi posyandu sebagai garda terdepan menjaga dan memberikan advokasi promotif dan preventif baik kepada ibu hamil, menyusui, balita dan bayi.

Posyandu ini kata Fahmi, gerakan dari oleh dan bersama masyarakat. Maka dalam perkembangannya muncul posyandu terintegrasi dalam artian bukan dinas kesehatan saja melainkan terintegrasi dengan SKPD terkait.

'' Semangat dan optimisme semua posyandu seluruhnya sebanyak 459 bisa menjadi posyandu mandiri dan saat ini baru 262,'' ungkap Fahmi. Sebab dengan posyandu mandiri standarksasi pelayanan dipastikan senantiasa yang terbaik kepada sasaran. 

Masa pandemi berdampak pada posyandu sehingga di tengah perjalanan dengan keterbatasan meluncurkan inovasi Pos Mamah atau posyandu mapay imah. Di mana kader posyandu mendatangi rumah sasaran, ibu hamil, menyusui dan balita harus terpantau dengan tetap menjaga prokes. 

Semangat pemerintah dalam pencegahan Covid-19 terlihat pula di Posyandu Melati di Kecamatan Gunungpuyuh, Combro Asin kepanjangan Covid-19 memaksa warga untuk divaksin,'' kata Fahmi. Di mana kader posyandu dengan berbagai upaya mengajak warga divaksin bukan hanya di sentra vaksinasi tetapi inovaso kader posyandu. 

Inovasi ini jadi contoh direplikasi di wilayah lain dalam memobilisasi vaksinasi bagi lansia. Hasilnya cakupan vaksinasi di Kota Sukabumi mencapai 93 persen dan lansia 54 persen. Ketua Tim Penilai Lomba Posyandu Tingkat Jabar R Julianto mengatakan, verifikasi lapangn lomba posyandu ini dikarenakan Sukabumi masuk 6 besar dan sudah seleksi administrasi.

 '' Nantinya wali kota akan mendapatkan Posyandu award dari Gubernur Jabar,'' kata dia.

Posting Komentar untuk "Posyandu Kota Sukabumi Masuk Verfikasi Enam Besar Lomba Tingkat Jabar"