17 Mei 2022


SUKABUMI--Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi membuka pelatihan pengelolaan home stay pondok wisata yang digelar Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) di Hotel Taman Sari, Selasa (17/5/2022).

Pelatihan pengelolaan homestay ini untuk standarisasi agar menjadi ekonomi pengalaman yang baik kepada warga dengan pelayanan terbaik. Hadir dalam pembukaan pelatihan Kepala Disporapar Kota Sukabumi Tejo Condro Nugroho.

'' Pelatihan ini terus digencarkan dan bersyukur karena mengundang pengelola homestay atau pondok wisata,'' ujar Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi. Ia mengatakan wisata sebagai salah satu potensi berkembang sesuai dengan percepatan kondisi di lapangan.

Terlebih lanjut Fahmi, ada tujuh ekonomi baru pasca pandemi salah satunya pariwisata. Di mana setelah pandemi ingin tetap sehat dan senang dengan berwisata meskipun wisata sederhana.

Warga kata Fahmi, mengejar wisata di Sukabumi macet tetapi masyarakat luar Sukabumi tetap ingin wisata. Terlebih setelah dicek di hotel okupansinya tinggi karena orang ingin wisata misalnya di kabupaten tapi mereka menginap dan membeli oleh-oleh di kota.


Sehingga lanjut Fahmi, kota berbenah memperbaiki pelayanan salah satuya homestay atau pondok wisata. Namun ada hal yang perlu diperhatikan yakni keramahtamahan yang akan dikenal oleh warga.

Menurut Fahmi, dalam city branding dikenal konsep pengalaman ekonomi karena menentukan wisatawan kembali berkunjung ke satu wilayah. '' Pelayanan harus terstandarisasi dengan baik misalnya seperti perbankan,'' kata dia.

Harapannya standarisasi homestay dan pondok wisata dapat diperbaiki pelayanan untuk lebih baik dari waktu ke waktu.

0 Tanggapan

Silakan kirim saran dan komentar anda