Wujudkan Pesta Demokrasi Yang Profesional, Wali Kota Minta Lakukan Sosialisai dan Edukasi Kepada Masyarakat



BAROS - Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi menghadiri kegiatan Pelantikan dan Bimbingan Teknis  Se-Kota Sukabumi, yang di gagas oleh Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kota Sukabumi di Bukit Baros Kamis (27/10/2022). 

Momen itu Dalam rangka mengawal suksesnya pelaksanaan Pemilu 2023, sebagai salah satu tahapan yang harus dilalui, agar proses dan persiapan pemilu berjalan dengan profesional.  Tahapan yang dilakukan Bawaslu tentunya bergulir sesuai kewenangannya. 

" Kegiatan hari ini tentunya sebagai tahapan dalam  mempersiapkan proses pemilu. Tahapan ini tentunya bergulir, dilaksanakan sesuai tugas-tugasnya.  Dengan tahapanya dengan kewenanganya masing-masing," ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fami pada saat sambutannya. Termasuk di Pemerintahan Kota Sukabumi dilakukan juga beberapa tahapan agar pesta demokrasi berjalan dengan baik. 


Menurutnya, betapa penting kegiatan tersebut, berkaitan dengan tujuan bersama. Mewujudkan sebuah proses pemilu yang Demokratis dan berkualitas. Oleh sebab itu, diharapkan seluruhnya mampu bekerja secara profesional. Pasalnya, hasil yang baik merupakan dari input yang baik.


" Saya ingin kita punya semangat yang sama. Hal ini tidak mungkin tanpa aparatur maupun lembaga yang di tunjuk berjalan dengan baik. Pemerintah akan memastikan memberikan jaminan bahwa proses yang saat ini proses yang baik," jelasnya. 


Menurutnya, ada beberapa hal yang harus dihadapi menjelang Pemilu sperti halnya Nilai trasaksional yang luar biasa. Dimana,  Ketika kondisi ekonomi yang bermasalah, menjadi tuhas bersama untuk meminimalisirnya. Bersiapsiaga menghadapi tantangan 2023 mendatang. Selanjutnya, pelanggaran isu Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan (SARA) masih menjadi hal yang sering ditemukan dalam demokrasi. 

" Saya berharap benar mari kita kawal demokrasi dengan benar. Wujudkan pesta demokrasi berkualitas dan semakin diminimalisir pelanggaran di tengah masyarakat," terangnya. 


Ditambahkan Fahmi, startegi yang harus dilakukan diantaranya melakukan edukasi, sosialisasi kepada masyarakat melalui berbagai jalur, misalanya melalui jalur Lembaga, Politik, Pendidikan dan lain sebagainya.  Sehingga diharapkan semakin mampu menciptakan suasana yang bersih, jujur, dan aman.


" Hal itu harus rutin kita lakukan sebagai pemangku kebijakan, pesta demokrasi sukses kita bersama. Berusaha penyatukan pentahelix sehingga memiliki kesepakatan yang sama. bersepakat, kontribusi, berkomitmun menghadirkan pemilu yang jauh lebih baik. Bukan hanya angka partisipasi yang meningkat tetapi meminimalisir juga angka pelanggaran yang terjadi di dalam pesta demokrasi," tutupnya.


Reportase: Dila Novianti
Dokumentasi : Dede dan Ikbal

Dokumentasi Pimpinan
Dokumentasi Pimpinan Komunikasi dan Dokumentasi Pimpinan Pemerintah Kota Sukabumi merupakan bagian dari Sekretariat Daerah Kota Sukabumi.