Pemkot Sukabumi Kolaborasi Bareng IAKMI Dorong Pembangunan Kesehatan Masyarakat

SUKABUMI--Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi menghadiri Seminar Kesehatan Masyarakat dan pelantikan pengurus Cabang Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Kota Sukabumi 2022-2025 di Hotel Fresh Sukabumi, Sabtu (5/11/2022).

Momen ini untuk mendorong peran IAKMI dalam bidang peningkatan kualitas kesehatan masyarakat khususnya dalam menjemput Indonesia emas 2045. Hadir dalam acara itu Ketua TP PKK Kota Sukabumi Fitri Hayati Fahmi, Ketua Pengda IAKMI Jabar Ahyani Raksanagara, Ketua IAKMI Kota Sukabumi Reny Rosyida Muthmainnah serta Asda II Setda Kota Sukabumi Nuraeni Komarudin.

'' Momen ini jadi energi positif dalam organisasi agar senantiasa mempersatukan, khususnya dalam peningkatan pelayanan kepada masyarakat,'' ujar Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi. Terutama menjempit Milestone 100 tahun menuju Indonesia emas.

Di mana kata Fahmi, IAKMI terlibat dan bertanggungjawab menjemput Indonesia emas dan sejumlah tahapan sudah dilalui. '' Dalam pelantikan IAKMI berharap kontribusi positif dalam rangka menjemput Indonesia emas 2045 mendatang,'' kata dia.
Fahmi mengatakan, ada tujuh tantangan kesehatan Indonesia. Pertama bagaimana meningkatkan kesehatan masyarakat karena ada kalimat kesehatan bukan segalanya tapi tanpa kesehatan segalanya tak ada artinya.

Peran penting IAKMI edukasi masyarakat bahwa kesehatan penting. Kalau hanya pemerintah saja tidak akan sanggup.

Kedua terkait tersedianya kesehatan primer dan IAKMI punya peran mendorong tersedianya kesehatan primer. Ketiga peningkatan mutu layanan di rumah sakit, sehingga warga berobat di layanan kesehatan dalam negeri.

Ke empat penanggulangan pandemi pasca pandemi, bagaimana keamanan kesehatan di masa mendatang. Dengan melibatkan seluruh potensi organisasi profesi terlibat dalam hal ini.

Ke lima advokasi dan koordinasi, kesehatan bukan hanya manusia tapi kesehatan lingkungan dan hewan disatupadukan jadi tanggungjawab bersama karena saling terkait. Sebab penanganan kesehatan sifatnya kolaboratif.

Ke enam mencapai SDGs kehidupan sehat dan sejahtera di 2030. Terakhir mampu berperan dalam kancah dunia dalam kesehatan.

'' Saya Berharap bagaimana adaptif dengan perkembangan yang luar biasa cepatnya, mereka yang bertahan karena adaftasi dengan lingkungan sekitarnya,'' ungkap Fahmi. Selain itu responsif dan solutif terhadap masalah yang ada serta edukasi dan sosialisasi kepada warga.

Ketua IAKMI Kota Sukabumi Reny Rosyida Muthmainnah mengatakan, pihaknya menargetkan akan lebih baik dalam melaksanakan tugas ke depan. '' Dalam momen ini juga ada seminar kesehatan dalam peningkatan kapasitas anggota,'' kata dia.

Reportase      : Dila Novianti
Dokumentasi : Dede Soleh Saepul
Dokumentasi Pimpinan
Dokumentasi Pimpinan Komunikasi dan Dokumentasi Pimpinan Pemerintah Kota Sukabumi merupakan bagian dari Sekretariat Daerah Kota Sukabumi.

Posting Komentar untuk "Pemkot Sukabumi Kolaborasi Bareng IAKMI Dorong Pembangunan Kesehatan Masyarakat"