Meriahnya Momen Hari Jadi Radio Swara Perintis 93.1 FM Kota Sukabumi

SUKABUMI--Semarak peringatan HUT Radio Swara Perintis 93.1 FM Kota Sukabumi ke-4 begitu terlihat di halaman Balai Kota Sukabumi, Minggu (12/2/2023) pagi.

Meskipun diguyur hujan, namun khidmatnya acara tetap terasa. Hadir dalam momen istimewa ini Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi, Wakil Wali Kota Sukabumi Andri Setiawan Hamami, Sekda Kota Sukabumi Dida Sembada, dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Sukabumi Rahmat Sukandar.

'' Ada empat fungsi radio yang harus dijalankan Radio Swara Perintis,'' ujar Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi. Pertama, fungsi informatif yakni menyampaikan infomasi-informasi yang terbaik dan terkini serta menjadi bagian mengatasi hoaks yang sering beredar di masyarakat.

Kedua, radio harus memiliki edukasi dan ketiga fungsi rekreasi yang harus disajikan. Di sisi lain, khusus Radio Swara Perintis tidak bisa lepas dari pemda, sehingga bukan hanya tiga fungsi itu.

Oleh karenanya ada fungsi ke empat yang jadi ciri khas yakni Suara Perintis penyambung lidah dari program pemda bukan sebatas informasi biasa.

Sehingga menginformasikan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dari program pemda. '' Jadi radio yang sifatnya berada di bawah instituti pemda saya titipkan benar,'' imbuh wali kota.

Fahmi menuturkan, masing-masing penyiar memiliki ciri khas suara dan program yang ditampilkan. Berharap dengan Radio Swara Perintis yang sebelumnya RSPD, dapat menjalankan 4 fungsi terbaiknya.

'' Pimpinan SKPD dan BUMD serta bank bjb, BPJS serta lainnya manfaatkan keberadaan radio sampaikan informasi,'' ungkap Fahmi. Dengan membuat program dan sosialiaasi agar lebih dikenal luas masyarakat melalui kerjasama menyampaikan informasi kegiatan.

Mari sama-sama manfaatkan radio dalam menyampaikam edukasi dan informasi. Sebab, pemda melalui Radio Swara Perintis mempunyai sarana untuk informasikan dan sarana hiburan bagi warga.

'' Selamat mengikuti rangkaian milad atau HUT ke-4 ini,'' kata Fahmi. Mari berbahagia dan menjadi satu jadi bagian wadah besar Sukabumi Kita dan bagian unsur pentahelix.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Sukabumi Rahmat Sukandar menamnahkan, momen hut radio ini dalam memperkuat upaya memberikan kontribusi dalam pembangunan. Rangkaian dalam peringatan ini mulai dilakukan sejak 4 Februari 2023 lalu dengan kegiatan on air, lomba pantun karaoke, membaca berita dan kuis.

'' Puncaknya hari ini Lomba fashion show gunakan busana bahan daur ulang terjaring banyak peserta 92 orang dan kali ini yang tampil 40 peserta,'' cetus Rahmat. Kedua singing contest tingkat SMA yang penyisikan dilakukan hybrid 72 perserta dan 10 tim finalis dengan lagu wajib Sukabumi Renyah dan satu lagu pilihan.

Sesuai arahan wali Kota Sukabumi radio ini bukan milik perorangan. Tapi milik Sukabumi Kita yang menjadi kata kuncinya kolaborasi.

Dokumentasi Pimpinan
Dokumentasi Pimpinan Komunikasi dan Dokumentasi Pimpinan Pemerintah Kota Sukabumi merupakan bagian dari Sekretariat Daerah Kota Sukabumi.