Musrenbang untuk RKPD 2024 Unik, Dorong Kolaborasi Bangun Daerah


SUKABUMI--Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kota Sukabumi Tahun 2023 untuk Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Sukabumi Tahun 2024 berlangsung semarak dan unik di GOR Merdeka Kota Sukabumi, Kamis (16/3/2022).

Kegiatan yang bertemakan '' Seragam Beragam'' ini dihadiri Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi, Wakil Wali Kota Sukabumi Andri Setiawan Hamami, Ketua DPRD Kota Sukabumi Kamal Suherman, wakil Ketua DPRD Kota Sukabumi Jona Arizona, perwakilan unsur forkopimda. Hadir pula Sekda Kota Sukabumi Dida Sembada dan Asisten Daerah serta sejumlah kepala SKPD yang menampilkan pementasan kabaret.

Hadir pula dalam sesi diskusi Kepala Bidang Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah Bappeda Jawa Barat Indra Permana, Kepala Sub Direktorat Perencanaan dan Evaluasi Wilayah II Kementerian Dalam Negeri, dan Kepala Bappeda Kota Sukabumi Reni Rosyida Muthmainnah.

'' Musrenbang ini unik karena terakhir dilakukan pada masa kepemimpinan wali kota dan wakil wali kota Sukabumi 2018-2023,'' ujar Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi dalam sambutannya. Momen ini dalam memastikan pelaksanaan pembangunan di tahun mendatang dilakukan pejabat sementara (Pjs) betul-betul disiapkan desain pembangunan.

Sehingga pejabat yang melaksanakan sementara waktu bisa mendapatkan arah dan kebijakan strategi pembangunan Kota Sukabumi. Unik yang kedua yakni tema yang dimintakan beragam seragam. 

Ingin dari keberagaman yang ada dimiliki kota untuk seragam membangun kota Sukabumi. Mari dengan potensi yang ada kuatkan pembangunan kita.

Ke tiga uniknya ada laporan Kepala Bappeda dan SKPD terkait pembangunan dan tidak didapatkan di musrenbang daerah lain. Semangatnya melakukan inovasi harus ada inovasi di musrenbang dalam memberikan kebahagiaan dan kegembiraan bagi peserta musrenbang baik RT, RW dan elemen lainnya yang sudah melaksanakan musrenbang dan kini tingkat kota.

Fahmi menuturkan, selama satu tahun lebih Kota Sukabumi dipimpin pjs dan dibuat rencama pembangunan daerah (RPD) 2024 2026 sebagai jembatan ketika dipimpin pjs wali kota. Tema pembangunan 2024 yakni peningkatan kondusivitas karena pemilu dan pilkada pada 2024 nanti.

'' Bersyukur perencanaan pembangunan Kota Sukabumi menjadi yang terbaik di Jabar dan sudah presentasi di Bappenas untuk penilaian tingkat nasional,'' terang Fahmi. Mudah-mudahan hasil terbaik dalam perencanaan pembangunan daerah di nasional.

Kepala Bappeda Kota Sukabumi Reny Rosyida Muthmainnah menambahkan, Musrembang RKPD 2024 forum antar pemangku kepentingam dalam rangka menyusun rencana pembangunan daerah Kota Sukabumi tahun 2024.

Tujuannya menyepakati permasalahan pembangunan daerah, prioritas pembangunan daerah, program kegiatan pagu indikatif indikator dan target kinerja serta lokasi. Berikutnya, penyelarasan program dan kegiatan pembangunan dengan sasaran dan prioritas pembangunan provinsi.

Klarifikasi program dan kegiatan yang merupakan kewenangan daerah kabupaten/kota dengan program dan kegiatan kelurahan yang diusulkan berdasarkan hasil musrenbang kecamatan. Isu strategis perencanaan yakni perubahan regulasi, SDM perencana, SIPD versi baru, keterbatasan anggaran serta pendanaan pemilu dan pilkada serentak 2024, penyusunan dokumen perencanaan jangka panjang, menengah, dan pendek secara bersamaan.

Proses penyusunan RKPD 2024 rembug warga 1-30 November 2022, kick off meeting perencanaan 2024, musrenbang kelurahan 5-19 Desember 2022, musrenbanh kecamatan 27 Januari-3 Februari 2023.

Konsultasi publik ranwal RKPD 6 Februari 2023, forum perangkat daerah 7-23 Februari 2023, musrenbang tingkat kota 16 Maret 2023 dan rancangan akhir dan penetapan maksinal minggu 1 Juli 2023.

Tema pembangunan 2024 meningkatkan kondusifitas kota untuk keberlangsungan pembangunan dan tema musrenbang seragam-beragam. Inspirasi bhineka tunggal ika meskipun beragam (suku, agama, ras) tetap seragam (bangsa Indonesia).

Dokumentasi Pimpinan
Dokumentasi Pimpinan Komunikasi dan Dokumentasi Pimpinan Pemerintah Kota Sukabumi merupakan bagian dari Sekretariat Daerah Kota Sukabumi.

Posting Komentar untuk "Musrenbang untuk RKPD 2024 Unik, Dorong Kolaborasi Bangun Daerah"