Wakil Wali Kota Sukabumi Menghadiri SPM Awards 2023



Wakil Wali Kota Sukabumi Andri Setiawan Hamami menghadiri Standar Pelayanan Minimal Awards 2023 di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan pada Selasa 21 Maret 2023.

Acara yang digelar oleh Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia melalui Ditjen Bina Pembangunan Daerah ini dibuka oleh Wakil Menteri Dalam Negeri John Wempi Wetipo.

SPM Awards merupakan acara tahunan dan dihadiri dihadiri oleh sejumlah Kementerian/Lembaga dan sejumlah Pemerintah Daerah se Indonesia.

Bagi pemerintah daerah, SPM Award menjadi bentuk penghargaan dari pemerintah pusat setelah pemerintah daerah memperlihatkan kinerja terbaik.

Menurut John Wempi, Pemerintah Daerah memiliki peran penting dalam memberikan enam pelayanan dasar urusan wajib yang manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat.



Urusan pemerintahan wajib tersebut meliputi; 1). Pendidikan 2) Kesehatan 3) Pekerjaan Umum 4) Perumahan Rakyat 5) Ketentraman dan Ketertiban Umum serta perlindungan masyarakat; dan 6) Sosial. Seluruhnya berhak diperoleh oleh setiap warga negara.

SPM ditetapkan dan diterapkan berdasarkan prinsip kesesuaian kewenangan, ketersediaan, keterjangkauan, kesinambungan, keterukuran dan ketepatan sasaran. Apalagi, mereka berhadapan langsung dengan masyarakat dalam hal pemenuhan pelayanan dasar.



SPM Awards diselenggarakan untuk meningkatkan komitmen kepala daerah dalam menjalankan urusan wajib yang berkaitan dengan pelayanan dasar dan mendorong penerapan SPM di daerah secara optima. Disebutkan, selama empat tahun terakhir, pelayanan kepada warga Negara terus menunjukan tren peningkatan.

Indikator penilaian SPM Awards 2023 antara lain: Indeks pencapaian SPM (IP-SPM); Komitmen Anggaran penerapan SPM; Pelaksanaan sesuai dengan tahapan-tahapan dalam penerapan SPM; Pembentukan dan keaktifan tim penerapan SPM; dan Kualitas dan ketaatan terhadap pelaporan SPM secara triwulanan pada aplikasi pelaporan SPM berbasis web (e-SPM).

Pada SPM Awards Tahun ini, Pemerintah Provinsi Jawa Barat meraih penghargaan sebagai Provinsi Terbaik kedua dalam penerapan SPM kepada masyarakat.
Kang Warsa
Kang Warsa Sering menulis hal yang berhubungan dengan budaya, Bahasa, dan kasukabumian.

Posting Komentar untuk "Wakil Wali Kota Sukabumi Menghadiri SPM Awards 2023"