Kick Off Sub PIN Polio dan Campak Beri kekebalan Tubuh Pada Anak




Kick Off Sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio dan Kejar Imunisasi Campak di Kota Sukabumi digelar di Posyandu Delima 14 Perum Baros Kencana Kelurahan Baros Kota Sukabumi, Rabu (5/4/2023).



Momen ini dalam rangka memberikan kekebalan tubuh kepada anak agar terhindar dari polio. Hadir pada acara tersebut Ketua TP PKK Kota Sukabumi Fitri Hayati Fahmi, Sekda Kota Sukabumi Dida Sembada, para Asisten Daerah, pimpinan SKPD, dan para camat serta lurah.



'' Polio penyakit bisa menyebabkan kematian dan tidak ada obatnya, yang bisa dilakukan meningkatkan kekebalan tubuh dari usia rentang tertentu,'' ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi. Sebelumnya, upaya telah dilakukan penanganan Covid-119



Dan kini harus menghadapi kasus polio. Di mana polio ada tiga tipe yakni tipe 1, tipe 2 dan 3, yang diberikan sebelumnya imunisasi polio untuk tipe 1 dan tipe 3 karena tipe 2 sudah dinyatakan punah.




Indonesia kata Fahmi, dinyatakan bebas polio sejak 2014 dan mendapatkan sertifikat karena sejak 2006 tidak ada kasus polio. Namun pada 14 Maret 2023 ditemukan kasus baru di Kabupaten Purwakarta anak usia 4 tahun menderita polio tipe 2, maka Jabar umumkan KLB. 



Melalui kemenkes dan Pemprov Jabar memobilisasi sub PIN Polio. Di Sukabumi ada sasaran 22 ribu dan data pusdatin 25 ribu anak yang akan diimunisasi polio.



Arahan kemenkes an Pemprov imunisasi dilaksanakan 3 April 2023 gelombang peetama san gelombang kedua 15 mei 2023. '' Membutuhkan dukungan semua aparatur wilayah RT, RW, kader posyandu, dan PKK berkolabirasi dan minta dukungan TNI/Polri,'' cetus dia.



Mari lanjut Fahmi, sama-sama bersinergi sebagaimana penanganan Covid. '' InsyaAllah pada 3 April dilakukan bertahap dan diharapkan betul-betul terkendali tidak ada kasus di Kota Sukabumi,'' cetus dia.



Sehingga ungkap Fahmi, pafa momen ini dihadirkan para camat dan lurah serta kepala puskesmas dan TP PKK. Hal ini karena ingin betul-betul pelaksanaan suksss dilakukan bersama.'' Terimakasuh kepada para pihak ketua RT, RW, posyandu dan lainnya yang akan berkomitmen menyukseskan sub PIN Polio,'' kata dia.



Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Kota Sukabumi Wita Darmawanti menerangkan, imunisasi serentak ini karena ada penemuan kasus di Purwakarta jadi KLB di Jabar. Sehingga Kota Sukabumi dan daeraj lainnya di Jabar harus ikut imunisasi massal.



Sasaran anaknya yakni usia 0-59 bulan 22.226 orang dan hasil pusdatin 25.406 orang. Selain itu karena peningkatan kasus campak diberikan imunisaai campak. Sub PIN polio ini dilakukan di 461 posyandu, 232 PAUD 15 puskesman dalam dua putaran yakni 3 April dan 15 Mei 2023.

Dokumentasi Pimpinan
Dokumentasi Pimpinan Komunikasi dan Dokumentasi Pimpinan Pemerintah Kota Sukabumi merupakan bagian dari Sekretariat Daerah Kota Sukabumi.