Pemkot Sukabumi Komitmen Kelola Aset Barang Milik Daerah

Pemkot Sukabumi serius dalam upaya pengelolaan aset barang milik daerah.Salah satunya dengan menggencarkan bimbingan teknis (Bimtek) Penaksiran harga barang milik daerah bagi aparatur yang digelar Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM (BKPSDM) Kota Sukabumi di Hotel Taman Sari, Selasa (9/5/2023). Kegiatan dengan menggandeng Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bogor ini digelar karena begitu pentingnya aset barang milik daerah dalam menunjang pelayanan publik sehingga harus dijaga dan dipelihara.

'' Aset barang milik daerah begitu penting, sebab pengelolaan aset merupakan amanah agama bukan sekedar amanah negara,'' ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi. Di mana, agama memberikan porsi luar biasa dalam pengelolaan barang. 

Intinya kata Fahmi, bukan sekedar menjalankan pelatihan melainkan membuat kesepahamaan menjaga dan me.elihara aset yang ada. Terlebih, barang milik daerah begitu penting karena menunjang operasional pemerintahan sehingga harus dikelola dengan baik.

Fahmi menuturkan, kendala yang dihadapi di antaranya terkait penaksiran aset sebelum dilakukan misalnya untuk proses penghapusan. Sehingga berharap betul, aset di pemda ditaksir terlebih barang yang harus dilakukan penghapusan karena berbagai kondisi 

Kehadiran KPKNL ini lanjut Fahmi diharapkan mampu meningkatkan kualitas kompetensi para aparatur dj bidang pengelolaan aset. Harapannya peserta pelatihan fokus agar para penaksir diberikan kemampuan ketika melakukan pelatihan.

Nantinya lanjut Fahmi ke depan akan membentuk tim penaksir barang milik daerah sesuai dengan ketentuan yang diberikan undang undang yang berlaku. Bagaimana penahaman tepat dan terukur dalam mengelola aset.

Perwakilan KPKNL Bogor Lidyasari mengatakan, momen ini adalah terobosan dalam pengelolaan barang milik daerah jadi bentuk diklat. '' Targernya ada transfer pengetahuan peningkatan kinerja pelayanan dalam pengelolaan aset,'' cetus dia.

Kegiatan kolaboratif ini terang dia agar pengurus barang berperan aktif dalam pengeolaan barang milik daerah. Intinya KPKNL memberikan apresiasi kepada pemkot yang menggelar bimtek.

Dokumentasi Pimpinan
Dokumentasi Pimpinan Komunikasi dan Dokumentasi Pimpinan Pemerintah Kota Sukabumi merupakan bagian dari Sekretariat Daerah Kota Sukabumi.