Rakorwil III APEKSI 2023 Membahas Tajuk Inovasi Daerah (SDM), Honorer, dan Kebijakan Fiskal



Kemeriahan pembukaan Rapat Kerja III Anggota Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) 2023 sekaligus pembukaan Cilegon Expo berlangsung lancar.

Wakil Wali Kota Sukabumi H. Andri Setiawan Hamami, Sekretaris Daerah Kota Sukabumi H. Dida Sembada, serta sejumlah aparatur Setda Kota Sukabumi menghadiri kegiatan yang diselenggarakan pada Minggu, 07 Mei 2023.

Rakorwil III Apeksi berlangsung meriah karena bersamaan dengan rangkaian HUT Ke-24 Kota Cilegon.



Wakil wali kota memperlihatkan antusiasme pada penyelenggaraan Rakorwil III APEKSI 2023.

“ Dengan kegiatan ini, kota-kota yang ada di Jawa Barat dapat saling bertukar pikiran dan pengalaman tentang berbagai hal, terutama pembangunan yang mengedepankan kemanusiaan dan peningkatan Sumber Daya Manusia di setiap wilayah,” kata H. Andri Setiawan Hamami.

Rakorwil III APEKSI bertujuan untuk membahas langkah-langkah strategis dalam mendorong pembangunan kota yang lebih berkualitas dan berkelanjutan.

Dalam pertemuan ini, Kota Cilegon dipilih sebagai tuan rumah dengan tujuan untuk memperlihatkan perkembangan dan inovasi dan penguatan SDM  yang telah dilakukan dalam memajukan kota tersebut.

“indikator penting pembangunan di wilayah yaitu terwujudnya kesetaraan dalam kehidupan penghuninya. Kesetaraan warga kota merupakan perwujudan kota yang humanis dan selaras dengan kearifan lokal. Hal ini sejalan dengan kualitas SDM-nya” lanjut Wakil Wali Kota Sukabumi

Salah satu agenda penting yang dibahas dalam Rakorwil ini adalah bagaimana setiap pemerintah daerah mampu membangun Sumber Daya Manusia.



Selain itu, isu pembangunan keberlanjutan juga menjadi perhatian utama dalam Rakorwil ini. Para peserta membahas pentingnya pengelolaan daerah  yang baik untuk mencapai pembangunan yang berkelanjutan.

Diskusi ini bertujuan untuk saling menginspirasi dalam mengimplementasikan praktik pembangunan berbasis sumber daya manusia yang mumpuni.



Selain itu, Rakorwil III APEKSI juga menyediakan platform bagi para kepala daerah untuk berbagi pengalaman dan ide dalam mengatasi tantangan dan peluang pembangunan kota di era digital yang beririsan dengan kualitas SDM.

Munculnya teknologi baru dan transformasi digital menjadi fokus diskusi dalam sesi ini, di mana para peserta saling bertukar gagasan dan inovasi yang telah mereka terapkan. Honorer dan Kebijakan Fiskal juga tak luput dari pembahasan.
Kang Warsa
Kang Warsa Sering menulis hal yang berhubungan dengan budaya, Bahasa, dan kasukabumian.