Di Acara Musyawarah Ranting, H. Dida Sembada Mengajak Kwaran Pramuka Cikole Menyusun Program Terbaik




Musyawarah Ranting Gerakan Pramuka Kecamatan Cikole sukses diselenggarakan pada hari Selasa, 13 Juni 2023 di Aula Kecamatan Cikole. Acara yang dihadiri oleh Sekda Kota Sukabumi sekaligus sebagai Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Sukabumi, H. Dida Sembada dan Asda III PemKot Sukabumi Iskandar Ifhan ini merupakan momen penting dalam memperkuat kegiatan kepramukaan di Kecamatan Cikole.

Musyawarah Ranting Gerakan Pramuka Kecamatan Cikole tahun 2023 diikuti oleh sejumlah anggota pramuka kecamatan tersebut. Acara ini bertujuan untuk membentuk Kepengurusan Kwaran Kecamatan Cikole Masa Bhakti 2023-2026, merumuskan arah dan program kegiatan pramuka, serta membahas strategi untuk mengembangkan kegiatan-kegiatan penting kepramukaan setelah pandemi.



Ketua Kwarcab Pramuka Kota Sukabumi, H. Dida Sembada, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap kegiatan kepramukaan yang diadakan di Kecamatan Cikole selama tahun 2020-2023. Beliau menyatakan dukungannya terhadap program-program pramuka yang memberikan ruang bagi para anggota untuk mengembangkan potensi diri dan berkontribusi positif bagi masyarakat.

“ Kegiatan kepramukaan di Kota Sukabumi, khususnya di Cikole mengalami relaksasi selama pandemi. Kendati demikian, Saya sangat mengapresiasi, berdasarkan laporan dari ketua Kwaran Cikole Masa Bhakti 2020-2023, kegiatan pramuka di Cikole tetap berjalan di tengah segala keterbasan akibat pandemi,” kata H Dida Sembada di hadapan peserta Musyawarah Ranting Gerakan Pramuka Cikole.



Terkait penentuan metode, mekanisme, dan sistem pemilihan pengurus Kwaran Kecamatan, H. Dida Sembada memberikan keleluasaan kepada peserta musyarawah dengan tetap berpedoman pada Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka.

“ Pemilihan pengurus dan ketua Kwaran sebetulnya telah dicontohkan oleh para pendahulu kita. Pertama melalui musyawarah mufakat. Kedua, mengacu kepada AD dan ART Gerakan Pramuka,” lanjut Ketua Kwarcab Pramuka Kota Sukabumi, H Dida Sembada.

Dengan melihat beberapa peluang yang ada di Kecamatan Cikole, H Dida Sembada memaparkan, Kwaran Pramuka Kecamatan Cikole Masa Bhakti 2023-2026 memiliki peluang signifikan dalam menyusun program kepramukaan.



“ Kwaran Pramuka Kecamatan Cikole berpeluang besar dalam menyusun dan merencanakan kegiatan-kegiatan agar lebih gebyar. Hal ini didukung oleh beberapa faktor. Pertama, Kecamatan Cikole berada di pusat Kota Sukabumi. Kedua, infrastruktur Kota Sukabumi terletak di Kecamatan Cikole, seperti; Lapang Merdeka, Alun-Alun, Pedestrian, dan ruas-ruas jalan utama,” kata H. Dida Sembada.

Beberapa program unggulan kepramukaan dapat dikembangkan oleh setiap Kwaran terutama kegiatan-kegiatan sosial yang berkaitan dengan pengabdian kepada masyarakat, seperti membersihkan lingkungan dan mendukung program-program sosial di kecamatan.



Musyawarah Ranting Gerakan Pramuka Kecamatan Cikole tahun 2023 ini menandai komitmen kuat para anggota pramuka dalam membangun generasi muda yang berkualitas dan siap menghadapi masa depan. Dengan adanya dukungan penuh dari Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Sukabumi, diharapkan Gerakan Pramuka di Kecamatan Cikole dapat terus tumbuh dan berkontribusi secara nyata bagi masyarakat dan bangsa.

Reportase : Kang Warsa
Dokumentasi : M. Ali Iqbal
Kang Warsa
Kang Warsa Sering menulis hal yang berhubungan dengan budaya, Bahasa, dan kasukabumian.