Pemkot Sukabumi Gencarkan Layanan KB Serentak untuk Tekan Stunting


Kegiatan Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor dalam Rangka Hari Keluarga Nasional ke-30 tingkat Kota Sukabumi Tahun 2023 digelar di RSUD Al-Mulk Kota Sukabumi, Rabu (14/6/2023). 

Momen yang dihadiri Sekda Kota Sukabumi Dida Sembada, Ketua TP PKK Kota Sukabumi Fitri Hayati Fahmi, perwakilan BKKBN provinsi Jabar, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dalduk KBP3A) Kota Sukabumi Yadi Mulyadi ini dalam rangka mendorong pelayanan KB dan pengendalian penduduk.

'' Kota Sukabumi tidak punya SDA dan hanya punya jasa pendidikan, kesehatan, dan perdagangan,'' ujar Sekda Kota Sukabumi Dida Sembada. Sehingga, yang diunggulkan SDM dan pemda fokus pada pengembangan SDM. 

Kegiatan ini adalah momentum ingin mengendalikan penduduk dan merancang, serta menyiapkan bayi lahir yang sehat dan kuat '' Fokus merencanakan bayi sehat dan kuat,'' ujar Dida.

Dalam perjalanannya ada masalah masih tingginya prevelensi stunting bila tidak dikurangi akan menghambat kualitas SDM Terlebih, pada 2045 menargetkan Indonesia emas. Salah satu upaya menghadapinya yakni pencegahan stunting dan pengendalian penduduk.

Momentum hari keluarga nasional menciptakan SDM kuat dan sehat. Mari kendalikam jumlah penduduk dan tidak ada stunting. 

Terakhir di sambutan, sekda menyampaikan pantun :

Ayu Tinting Makan Kepiting 

Segera dibawa ke Cicadas

Ayo segera kita tuntaskan Stunting

Agar masyarakat Kota Sukabumi semakin cerdas.