Pemkot Sukabumi Gencarkan Peningkatan Wawasan Kebangsaan


SUKABUMI--Pemkot Sukabumi melalui Badan Kesbangpol menggelar Peningkatan Wawasan Kebangsaan dalam upaya mewujudkan nilai-nilai ideologi pancasila di Kota Sukabumi Bakesbangpol di Hotel Balcony, Selasa (13/6/2023). Momen tersebut dalam mendorong kecintaan kepada tanah air dengan sikap dan perilaku serta menghargai perbedaan. Hadir dalam momen itu Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi dan Kepala Bakesbangpol Kota Sukabumi Yudi Yustiawan.

'' Perilaku dan budaya menunjukkan pengetahuan kita tentang wawasan kebangsaan,'' ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi dalam sambutannya. Misalnya bagian ketika cinta pada bangsa akan menjaga kebersihan dan menjaga etika.

Menurut Fahmi, tantangan saat ini tidak ada informasi yang tidak diketahui saat ini cukup dengan gadget kita. Sebab HP bisa jadi apapun dalam mendapatkan informasi sehingga saring sblm sharing. Selanjutnya, sebentar lagi ada pemilu dan mendorong menciptakan suasana kondusif agar menjaga kota aman dan tentram.

Terlebih, arus globalisasi luar biasa banyak dampak dan peluang melakukan kebaikan dan kerusakan tinggal memilih yang mana. '' Perbedaan dalam kehidupan pasti ada dan jangan sampai perbedaan jadi musibah,'' ungkap Fahmi. 

Masa depan ada di kita semua dan mari sama-sama jemput serta resapi benar makna wawasan kebangsaan dengan menghargai perbedaan dan menghadirkan harmonisasi. Menjadi indah dalam harmoni yang utuh. 

Sehingga harus selalu menghargai perbedaan dalam harmoni.

Kepala Bakesbangpol Kota Sukabumi Yudi Yustiawan mengatakan, tujuan kegiatan ini agar setiap komponen bangsa meningkatkan wawasan kebangsaan di tengah kehidupan karena ada isu strategis seperti maraknya pengaruh dunia global dan kalau tidak siap mengurangi eksistensi bangsa.

Tujuan kedua yakni agar persepsi yang sama dalam mewujudkan cinta tanah air sebagai bela negara. Selain itu meningkatkan pengetahuan masyarakat dan aparatur dalam bela negara.