Kota Sukabumi Raih Posyandu Award 2023

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi menghadiri acara peringatan Hari Jadi Ke-78 Jawa Barat 2023 di Lapangan Gasibu, Bandung, Sabtu (19/7/2023).

Peringatan ini juga sekaligus momentum perpisahan Ridwan Kamil selaku Gubernur Jawa Barat dan Uu Ruzanul Ulum selaku Wakil Gubernur Jawa Barat yang akan mengakhiri jabatan pada 5 September 2023. Alhamdulillah di peringatan HUT ke-78 Jabar ini, Kota Sukabumi meraih penghargaan Posyandu Award Tingkat Provinsi Jawa Barat Kategori Kota.

Selain itu Kelurahan Jayaraksa Kecamatan Baros meraih Juara 3 Lomba Posyandu Juara Tingkat Provinsi Jawa Barat Kategori Kota Tahun 2023. '' Alhamdulilah Kota Sukabumi meraih Posyandu Award tingkat Provinsi Jawa Barat 2023,'' ujar Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi 

Semoga dengan penghargaan ini, Kota Sukabumi bisa terus berkontribusi bagi Jawa Barat dan Indonesia. Keberadaan posyandu sangat penting dan diperlukan dalam upaya promotif dan preventif dalam pelayanan kesehatan kepada warga.

Fahmi mengatakan, pemda memberikan dukungan agar posyandu mandiri dan mendukung perwujudan visi wali kota dan wakil wali Kota Sukabumi yakni religius, nyaman, dan sejahtera. Intinya komitmen untuk meningkatkan kualitas posyandu dengan memberikan dukungan kepada pokjanal posyandu.

Selain itu dukungan kebijakan pemda berupa perda kawasan tanpa rokok perda ASI eklusif, penanganan HIV dan inovasi. '' Posyandu sebagai ujung tombak selain pelayanan kesehatan, ada berbagai pelayanan publik,'' kata Fahmi. 

Misalnya inovasi Kader posyandu mapay imah (Pos Mamah) yang digulirkan pada masa pandemi. Upaya skreening stunting dalam menekan angka stunting.

Di mana kader posyandu jadi garda terdepan dalam mencegah munculnya stunting di masyarakat. Sebab kader merupakan yang berada langsung di tengah masyarakat.

Inovasi lainnya, Posyandu remaja (Posrem) hasil kolaborasi tim penggerak PKK Kota Sukabumi hingga kelurahan. Di mana ada 288 posyandu remaja dari 461 posyandu dan akan lakukan percepatan semua posyandu mempunyainya.

Dokumentasi Pimpinan
Dokumentasi Pimpinan Komunikasi dan Dokumentasi Pimpinan Pemerintah Kota Sukabumi merupakan bagian dari Sekretariat Daerah Kota Sukabumi.