Kirab Budaya Merah Putih dalam Rangka HUT Kemerdekaan di Kota Sukabumi Berlangsung Semarak

Kirab Budaya Merah Putih dalam rangka HUT kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia di Kota Sukabumi berlangsung semarak, Minggu (20/8/2023). 

Pelepasan kirab dilakukan Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi dari Lapang Merdeka Kota Sukabumi melalui jalan utama di Kota Sukabumi mulai Jalan Suryakencana, Jalan Ahmad Yani, Jalan Gudang, Jalan RE Martadinata, Jalan Siliwiangi dan R Syamsudin SH dan finish di Plaza Balai Kota Sukabumi. Kirab budaya diakhiri dengan atraksi kesenian budaya dari tujuh kecamatan di Balai Kota Sukabumi seperti barongsai, marching band hingga kesenian tradisional lainnya.

Selain wali kota, di Balai Kota Sukabumi hadir Wakil Wali Kota Sukabumi Andri Setiawan Hamami, Ketua TP PKK Kota Sukabumi Fitri Hayati Fahmi, dan Sekda Kota Sukabumi Dida Sembada.

'' Alhamdulillah, setelah sukses melaksanakan puncak peringatan HUT Kemerdekaan dengan pengibaran dan penurunan bendera merah putih, kini digelar Kirab Merah Putih,'' ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi yang ikut dalam kirab hingga finish di Balai Kita Sukabumi. Kegiatan ini didukung Pemkot Sukabumi, Forkopimda dan Setukpa Lemdiklat Polri.

Fahmi menerangkan, kirab budaya merah putih ini mengajak seluruh elemen masyarakat berbahagia dan bersukacita dalam menyambut HUT kemerdekaan ke 78 Republik Indonesia. '' Kirab budaya simbol harmonisasi budaya dengan berbagai keragamanya di kota tercinta tetap terjaga kerukunan,'' katanya.

Bersyukur lanjut Fahmi, Sukabumi meraih penghargaan sebagai kota paling toleran jadi simbol harmonisasi dan simbol kerukunan. Dengan kirab menguatkan kebersamaan ada komitmen untuk memajukan dan menjaga bersama serta membangun bersama sama.

'' Mari cintai Sukabumi sepenuh hati, ketika mencintai sepenuh hati akan membawa Sukabumi lebih baik dari waktu ke waktu,'' kata Fahmi. Ia mengucapkan terimakasih kepada panutia dan Polres Sukabumi Kota yang mengatur arus lalu lintas.

Asisten Administrasi Umum Setda Pemkot Sukabumi Iskandar menambahkan, lelaksanan HUT Kemerdekaan RI ini untuk menggelorakan semangat nasionalisme dengan mengadakan kirab budaya merah putih. '' Peserta kirab budaya 2.500 peserta dari 31 komponen masyarakat seperti marching band Setukpa Lemdiklat, peserta budaya tujuh kecamatan dengan karakristik masing-masing, dan kafilah peserta MTQ.

'' Ada juga bentangan bendera 100 meter oleh siswa se-Kota Sukabumi,'' kata Fahmi. Rute kirab sepanjang 2,1 kilometer dengan jalan yang dilintasi yakni Lapangan Merdeka, Jalan Suryakencana, Jalan Ahmad Yani, Jalan Gudang, Jalan RE Martadinata, Jalan Siliwiangi dan R Syamsudin SH dan finish di Plaza Balai Kota Sukabumi.

Dokumentasi Pimpinan
Dokumentasi Pimpinan Komunikasi dan Dokumentasi Pimpinan Pemerintah Kota Sukabumi merupakan bagian dari Sekretariat Daerah Kota Sukabumi.