Sekretaris Daerah Kota Sukabumi Ajak Seluruh Saka Pramuka Wujudkan Kepedulian Sosial dan Cinta Lingkungan



Ungkapan rasa syukur disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, H. Dida Sembada dalam acara Perkemahan dan Malam Inagurasi Anggota Satuan Karya Pramuka Tingkat Cabang Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Sukabumi pada Sabtu, 30 September 2023 di Lapang Katel, Kecamatan Citamiang.

“ Kita patut bersyukur, karena selama hampir dua tahun lebih, kegiatan kepramukaan tidak dapat kita lakukan di masa pandemi Covid-19. Kita harus membatasi kegiatan-kegiatan yang melibatkan banyak orang di masa pandemi, tanpa kecuali kegiatan pramuka,” ungkap H. Dida Sembada di hadapan para peserta malam inagurasi.



Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, H. Dida Sembada, mengungkapkan rasa terima kasih atas semangat seluruh unsur pramuka Kota Sukabumi yang telah mempersiapkan kegiatan tersebut. Sekretaris Daerah Kota Sukabumi juga mengajak semua pihak untuk terus mendukung perkembangan pramuka sebagai salah satu wadah pembentukan karakter generasi muda Kota Sukabumi.

“ Berkemah bersama dan inagurasi ini bertujuan membentuk karakter adik-adik. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi salah satu cara kita menjalin silaturahmi dengan seluruh saka yang ada di Kota Sukabumi,” lanjut Sekda Kota Sukabumi.



Berkemah bersama dan malam inagurasi tahun ini, disebutkan oleh Sekda Kota Sukabumi merupakan malam spesial karena besok bertepatan dengan tanggal 1 Oktober yang biasa diperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasila.

“ Adik-adik harus memaknai tanggal 1 Oktober ini sebagai momentum untuk menguatkan karakter dan menumbuhkan kecintaan kita terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tutur H. Dida Sembada.

Sekda Kota Sukabumi juga mengingatkan kegiatan ini harus dapat menumbuhkan kepedulian sosial dalam diri peserta. Kepedulian ini dapat diwujudkan dengan membangun kolaborasi. Tidak hanya itu, H. Dida Sembada juga menegaskan tentang kepedulian pramuka terhadap lingkungan.



Beberapa peristiwa kebakaran di lahan kosong yang terjadi akhir-akhir ini menjadi alasan agar antisipasi terhadap potensi kebakaran terus ditingkatkan. Sekda Kota Sukabumi menghimbau agar Pramuka tergerak untuk membantu dan menjalin kolaborasi dengan lembaga lainnya saat terjadi kebakaran lahan kosong di wilayah.



“ Salah satu tantangan yang dihadapi di bidang lingkungan saat ini yaitu musim kemarau yang relatif panjang. Sudah tiga bulan, kita masih mengalami musim kemarau. Oleh karena itu, kita harus mewaspadai kejadian-kejadian yang tidak diharapkan,” pungkas Sekda Kota Sukabumi.

Perkemahan Bersama dan Malam inagurasi sebagai momentum mempererat persaudaraan di antara para anggota pramuka. Dengan semangat kebersamaan, seluruh saka berkomitmen untuk menjalankan tugas dan tanggung jawab pramuka dengan penuh integritas.

Reportase      : Kang Warsa
Dokumentasi : M Ali Iqbal

DOKPIM KOTA SUKABUMI 
Pranata Kehumasan
Ross Pristianasari  
Dokumentasi Pimpinan
Dokumentasi Pimpinan Komunikasi dan Dokumentasi Pimpinan Pemerintah Kota Sukabumi merupakan bagian dari Sekretariat Daerah Kota Sukabumi.