Dekranasda Kota Sukabumi Kunjungi Dua Lokasi Ekonomi Kreatif Kota Bogor



Dekranasda memiliki peran yang sangat penting dalam memajukan ekonomi kreatif dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kota Sukabumi. Oleh karena itu diperlukan kolaborasi dengan daerah lain untuk bertukar wawasan dalam pengelolaannya.

Hal tersebut diimplementasikan oleh pengurus Dekranasda Kota Sukabumi melalui kegiatan kunjungan kerja dan studi banding ke Dekranasda Kota Bogor pada Rabu. 29 November 2023.

Penjabat Ketua Dekranasda Kota Sukabumi, Diana Rahesti menyebutkan kunjungan kerja dan studi banding ke Dekranasda Kota Bogor untuk melihat secara langsung kegiatan ekonomi kreatif Dekranasda Kota Bogor.

“ Alhamdulillah, hari ini kita mengadakan kunjungan ke Dekranasda Kota Bogor. Karena kita ingin melihat lansung seperti apa Dekranasda bogor mengelola lembaganya,” ujar Diana Rahesti.

Menurut Penjabat Ketua Dekranasda Kota Sukabumi, kunjungan ke Dekranasda Kota Bogor sangat relevan untuk mempelajari bagaimana Dekranasda Kota Bogor mengelola kegiatan ekonomi kreatif, selain memiliki galeri, juga mampu menghasilkan produk.


“ Selain galeri, kita melihat di Kota Bogor juga ada kegiatan pemberdayaan ekonomi. Dan hari ini, kita diajak mengunjungi salah satu tempat, namanya Imah Keramik. Di sini kita bisa mengetahui tentang keramik, belajar keramik itu seperti apa. Karena ternyata berbeda antara keramik dengan gerabah,” lanjut Diana Rahesti.

Imah Keramik, menurut Diana Rahesti, telah berhasil membangun kegiatan ekonomi kreatif kendari dengan keterbatasan jumlah SDM namun telah menghasilkan karya yang luar biasa dan telah mendapatkan penghargaan dari pemerintah.


“ Kita juga akan diajak mengunjungi para pengrajin batik oleh Dekranasda Kota Bogor. Mudah-mudahan kunjungan ini dapat memotivasi Dekranasda Kota Sukabumi untuk lebih baik,” pungkasnya.


Pewarta           : Kang Warsa
Dokumentasi   : Dede Soleh Saepul

DOKPIM KOTA SUKABUMI
Pranata Kehumasan
Ross Pristianasari
Dokumentasi Pimpinan
Dokumentasi Pimpinan Komunikasi dan Dokumentasi Pimpinan Pemerintah Kota Sukabumi merupakan bagian dari Sekretariat Daerah Kota Sukabumi.