Penjabat Wali Kota Sukabumi Hadiri Evaluasi Akhir P2WKSS



Pemberdayaan perempuan melalui Program P2WKSS di Kota Sukabumi Tahun 2023 sudah sampai pada tahap evaluasi akhir.

Program P2WKSS yang dipusatkan di Kelurahan Sindangpalay Kecamatan Cibeureum menjadi lokasi verifikasi lapangan Tim Evaluator Provinsi Jawa Barat pada Kamis, 30 November 2023.

Evaluasi akhir tersebut dihadiri oleh Penjabat Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji, Penjabat Ketua TP PKK Kota Sukabumi, para Asisten Daerah, para kepala SKPD, BJB Kacab Sukabumi,  Forkopimcam Cibeureum, dan kader penggerak PKK.



Penjabat Wali Kota Sukabumi menyambut antusias kedatangan Tim Evaluator Verifikasi Lapangan P2WKSS Provinsi Jawa Barat.

Dalam sambutannya, Kusmana Hartadji mengatakan kegiatan evaluasi akhir yang dihadiri oleh seluruh unsur merupakan bentuk keberpihakan pemerintah terhadap upaya pemberdayaan perempuan di Kota Sukabumi.

“ Ini merupakan bentuk kolaborasi, semua pihak terlibat dalam kegiatan evaluasi akhir P2WKSS di Kota Sukabumi,” ujar Kusmana Hartadji.



Lebih lanjut dikatakan, program pemberdayaan perempuan di Kota Sukabumi sejalan dengan arah dan kebijakan pembangunan nasional.

Salah satu program di Kota Sukabumi untuk menunjang arah dan tujuan tersebut yaitu melalui program peningkatan peranan perempuan.

“ Program P2WKSS merupakan tanggung jawab kita semua. Bukan sekadar tanggung jawab pemerintah, termasuk seluruh unsur masyarakat dari mulai lembaga pemberdayaan masyarakat, PKK, Karang Taruna, termasuk para pelaku usaha, dan organisasi kemasyarakatan,” lanjut Penjabat Wali Kota Sukabumi.

Pemerintah bersama masyarakat diharapkan oleh Kusmana Hartadji benar-benar berkolaborasi untuk mewujudkan program kebaikan peningkatan pemberdayaan perempuan melalui program P2WKSS.



Sumbangsih dapat diberikan melalui berbagai hal dari mulai moral, pikiran, tenaga, hingga pemberian fasilitas yang dapat menunjang program.

“Melalui evaluasi akhir verifikasi lapangan ini diharapkan akan mampu meningkatkan kondisi pada keluarga. Apalagi sebagian besar peserta dalam kegiatan ini merupakan para perempuan dengan pekerjaan mengurus rumah tangga,” tambah Penjabat Wali Kota Sukabumi.

Kusmana Hartadji optimis, melalui program P2WKSS, dengan komitmen bersama, Kota Sukabumi akan mewujud menjadi kota yang lebih baik.

Di acara yang sama, Ketua Tim Evaluator Provinsi Jawa Barat, dr Siska Gerfianti mengatakan evaluasi program P2WKSS ini dilakukan untuk mengukur sejauh mana keberhasilan program P2WKSS di wilayah dalam peningkatan peranan perempuan.



“ Evaluasi P2WKSS ini sejalan dengan visi dan misi Provinsi Jawa Barat mewujudkan Jawa Barat Juara Lahir dan Batin. Melalui peningkatan peranan perempuan ini, kita ingin melahirkan manusia yang berbudaya, berkualitas, dan produktif,” ujat dr Siska.

Program P2WKSS di Jawa Barat juga tidak sekadar dilakukan melalui kegiatan-kegiatan konvensional. Sejauh ini, disebutkan oleh dr Siska Gerfianti, P2WKSS telah mengeluarkan program sekolah perempuan capai impian dan cita-cita.

“ Dalam hal ini, bagaimana kita ingin meningkatkan pemberdayaan perempuan, baik itu di bidang pendidikan, kesehatan, politik, pemerintahan, dan lainnya. Ini juga dilakukan dalam rangka mengikuti arahan dari Pak Presiden,” kata Ketua Tim Evaluator di hadapan peserta.

Setidaknya, ada lima sasaran peningkatan pemberdayaan perempuan Indonesia. Antara lain, sebut dr Siska, pemberdayaan perempuan dalam kewirausahaan, peningkatan peran ibu dalam pendidikan anak, penurunan kekerasan terhadap perempuan dan anak, penurunan pekerja anak, dan pencegahan perkawinan anak.

“Jadi lima capaian ini yang akan dievaluasi nanti. Dan kami harapkan pemberdayaan perempuan di Kota Sukabumi ini terus meningkat,” pungkasnya.


Pewarta           : Kang Warsa
Dokumentasi   : Agus Rustiawandi

DOKPIM KOTA SUKABUMI
Pranata Kehumasan
Ross Pristianasari
Dokumentasi Pimpinan
Dokumentasi Pimpinan Komunikasi dan Dokumentasi Pimpinan Pemerintah Kota Sukabumi merupakan bagian dari Sekretariat Daerah Kota Sukabumi.