Upacara Peringatan Hari Bela Negara: Kobarkan Bela Negara untuk Indonesia Maju



Bela negara menjadi tugas seluruh warga negara. Bela negara dapat dilakukan dalam berbagai bentuk, baik secara fisik maupun non-fisik.


Upacara peringatan Hari Bela Negara ke-75 pada Selasa, 19 Desember 2023 di lingkungan Sekretariat Daerah Kota Sukabumi diikuti oleh aparatur Pemerintah Kota Sukabumi. Upacara diselenggarakan di Lapang Apel Setda Kota Sukabumi berlangsung khidmat.

Penjabat Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji bertindak sebagai pembina upacara menyampaikan amanat Presiden Republik Indonesia tentang pentingnya semangat Bela Negara agar terus berkobar di dalam diri para aparatur sipil negara. Hal ini sangat beralasan, Hari Bela Negara merupakan momentum bagi seluruh warga negara untuk bersatu dan berkontribusi positif demi Indonesia maju.

“ Kita harus memiliki jiwa Bela Negara sebagai pilar utama yang menjadikan kita tangguh dan cerdas dalam menghadapi situasi yang tidak menentu,” kata Kusmana Hartadji dalam sambutannya.

Semangat Bela Negara bukan hanya tanggung jawab aparat pertahanan, tetapi juga membutuhkan partisipasi aktif seluruh elemen masyarakat. Ini adalah tugas bersama dalam menjaga kesatuan dan persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“ Tantangan ke depan semakin tidak terduga. Kita bukan hanya menghadapi ancaman fisik, tetapi juga ancaman yang tak kasat mata. Pandemi, konflik global, revolusi teknologi, hingga krisis iklim telah membawa dampak dan risiko ketahanan negara,” lanjut Penjabat Wali Kota Sukabumi.

Bela Negara, disebutkan sebagai pilar utama yang menjadikan kita tangguh dan cerdas dalam menghadapi situasi yang tidak menentu. Semangat Bela Negara bukan hanya tanggung jawab aparat pertahanan, tetapi juga membutuhkan partisipasi aktif seluruh elemen masyarakat. Ini adalah tugas bersama dalam menjaga kesatuan dan persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“ Bela Negara di Indonesia bukan hanya terkait pada aspek militer tetapi harus lebih luas lagi, merangkul semua lapisan masyarakat dalam kehidupan sehari hari. Setiap tindakan, sekecil apapun, yang dilandasi cinta kepada bangsa dan negara, cinta kepada Pancasila dan NKRI adalah wujud konkret Bela Negara,” pungkasnya.

Dengan memperingati Hari Bela Negara, diharapkan warga negara dapat lebih memahami dan menghayati pentingnya bela negara. Hal ini penting untuk menjaga kedaulatan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.


Pewarta         : Kang Warsa
Dokumentasi : Agus Rustiawandi

DOKPIM KOTA SUKABUMI
Pranata Kehumasan
Ross Pristianasari
Dokumentasi Pimpinan
Dokumentasi Pimpinan Komunikasi dan Dokumentasi Pimpinan Pemerintah Kota Sukabumi merupakan bagian dari Sekretariat Daerah Kota Sukabumi.