Penjabat Wali Kota Sukabumi Pimpin Apel Perdana Tahun 2024

Penjabat (Pj) Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji memimpin Apel Perdana di awal tahun 2024 di lingkup Pemerintah Kota Sukabumi di Lapang Apel Setda Kota Sukabumi, Selasa (2/1/2024).

Dalam momen tersebut Pj Wali Kota Sukabumi menekankan agar aparatur Pemkot Sukabumi meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan menjaga integritas, profesional dan pelayanan sepenuh hati. Selain Pj Wali Kota Sukabumi, hadir pula Sekda Kota Sukabumi Dida Sembada, staf ahli wali kota, para asisten daerah Setda Kota Sukabumi, dan pimpinan SKPD.

'' Refleksi perjalanan 2023 dan apel perdana pagi di 2024, ASN tambah semangat kerja dan semangat melayani agar pemerintahan lebih baik,'' ujar Pj Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji dalam arahannya. Terutama dalam pelaksanaan program dan kegiatan dengan tantangan cukup berat yakni pilpre, pileg dan pilkada serta musim penghujan.

Harapannya, kata Kusmana, Pemkot Sukabumi akan lebih baik dari tahun sebelumnya. Berharap seluruh pegawai dapat melaksanakan tugas dengan baik.

Alhamdulillah lanjut Kusmana, pelaksanaan Natal dan Tahun Baru berjalan kondusif di Kota Sukabumi. Namun harus tetap waspada karena berkaca pada gempa yang melanda Sumedang dan Sukabumi rawan bencana.

'' Tantangan cukup berat, peran ASN melayani masyarakat, termasuk pengelolaan anggaran,'' ungkap Kusmana. Ia berpesan kepada kepala OPD jaga integritas dan rapatkan barisan untuk merencanakan agar semua terlibat dalam pelaksanaan program dan kegiatan.

Kusmana mengatakan, sebagai Pj wali kota mengawal pelaksanaan pilpres dan pilkada serentak agar berjalan aman dan kondusif. Jika ada hal penting segera dibicarakan dengan atasannya masing-masing untuk menjaga integritas pelayanan sepenuh hati dan profesional terus dilakukan.

'' Bersyukur dengan nikmat yang diberikan dan sambut tahun baru dengan optimisme serta tingkatkan peran dalam membantu masyarakat,'' ungkap Kusmana. Terakhir Pj wali kota meminta setiap Kamis seluruh aparatur menggunakan batik lokal Kota Sukabumi.

Para aparatur sipil negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kota Sukabumi diiharuskan memakai batik dari produk lokal Kota Sukabumi setiap hari Kamis. Hal ini disampaikan Penjabat (Pj) Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji disela-sela memimpil apel pagi perdana Pemkot Sukabumi di Lapang Apel Setda Kota Sukabumi, Selasa (2/1/2024).

'' Kebijakan ini didasarkan pada daya beli dan perekonomian. Salah satunya bagaimana kesadaran masyarakat menggunakan produk UMKM lokal,'' ujar Pj Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji. Diantaranya batik lokal Kota Sukabumi yang banyak.

Kusmana menginstruksikan dan imbauan setiap Kamis ASN yang berjumlah sekitar 3 ribu lebih di Pemkot Sukabumi harus menggunakan batik lokal. Ia mengatakan mencintai belum tentu membeli.

'' Saya harapkan ke depan mencintai untuk membeli dan memakai produk lokal sebagai bentuk mencintai produk UMKM,'' kata Kusmana. Nantinya penerapannya akan dilakukan evaluasi dan memeriksa setiap Kamis.

Menurut Kusmana, bukan hanya batik tapi setiap produk yang digunakan ASN merupakan lokal branded khsususnya Kota Sukabumi. Upaya ini dalam mendukung perkembangan dan kemajuan UMKM lokal Kota Sukabumi.


Pewarta         : Ovie
Dokumentasi : Agus Rustiawandi

DOKPIM KOTA SUKABUMI
Pranata Kehumasan
Ross Pristianasari
Dokumentasi Pimpinan
Dokumentasi Pimpinan Komunikasi dan Dokumentasi Pimpinan Pemerintah Kota Sukabumi merupakan bagian dari Sekretariat Daerah Kota Sukabumi.